Juru bicara MK Fajar Laksono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Juru bicara MK Fajar Laksono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

MK Belum Terima Permohonan Gugatan Kubu Prabowo

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 23 Mei 2019 12:48
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) belum menerima permohonan gugatan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Rencananya, kubu capres-cawapres nomor urut 02 itu akan mendatangi MK hari ini.
 
"Belum ada yang menyampaikan ke kita, kita juga mendengar dari teman-teman media juga, konon sore ini akan mengajukan. Tapi tidak tahu jam berapa," kata juru bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Fajar mengatakan MK juga belum menerima laporan adanya pihak yang berkonsultasi sebelum mengajukan permohonan gugatan. Pihak-pihak yang berkonsultasi hanya dari partai politik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada sekitar 30 orang atau pihak yang berkonsultasi, saya belum melihat ada tim BPN yang konsultasi," ujar Fajar.
 
Sebelumnya, Direktur Hukum dan Advokasi BPN Sufmi Dasco Ahmad memastikan akan mengajukan gugatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ke MK. Ia bilang tim akan datang pada sore hari.
 
Baca: Bawaslu Siap Menghadapi Gugatan Prabowo-Sandi di MK
 
Sementara itu, juru bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan berkas gugatan sudah disiapkan. Semua proses gugatan sepenuhnya diserahkan ke kuasa hukum yang telah ditunjuk.
 
"Dalam batas akhir kita akan kirim ke MK," jelas Dahnil.
 
Pengajuan permohonan untuk sengketa Pilpres dan Pileg dapat diajukan satu hari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dan mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara. Pendaftaran permohonan gugatan dapat diajukan dalam jangka waktu tiga hari usai pengumuman resmi atau Jumat, 24 Mei 2019.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif