Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri.
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri.

JK Minta Tokoh Politik Ikut Mengademkan Suasana Pascapemilu

Pemilu Demo Massa Penolak Pemilu
Achmad Zulfikar Fazli • 22 Mei 2019 15:27
Jakarta: Wakil Presiden berencana mengumpulkan para tokoh politik untuk mendinginkan suasana pascapemilu. Pertemuan itu diupayakan berlangsung dalam waktu dekat ini.
 
"Saya lagi usahakan untuk ada pertemuan tokoh-tokoh," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Dia tak memperinci tokoh politik yang akan dikumpulkannya. Namun, dia mengakui kini sedang berusaha menghubungi calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto untuk ikut meredam suasana politik Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedang diusahakan semua tokoh-tokoh," ucap dia.
 
JK mengimbau masyarakat tetap tenang menghadapi suasana politik terkini. Dia juga meminta kepada pihak yang keberatan dengan hasil pemilu untuk memprotes dengan cara yang baik dan tidak merusak fasilitas publik.
 
"Untuk mengajukan protes soal pemilu silakan. Tapi masyarakat jangan (melakukan) aksi yang menyebabkan pengerusakan-pengerusakan fisik, sehingga mengorbankan seluruh masyarakat," ujar dia.
 
Dia pun meminta kepada semua tokoh bangsa, terutama Prabowo dan pasangannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno, untuk ikut menenangkan masyarakat.
 
Sebelumnya, kerusuhan pecah di kawasan Sarinah, Tanah Abang, hingga petamburan. Massa melemparkan batu ke arah petugas kepolisian hingga membakar ban. Asrama Brimob di kawasan Petamburan pun jadi sasaran pedemo.
 
Polisi sempat mengeluarkan tiga kali peringatan agar massa mundur dan membubarkan diri sebelum menembakkan gas air mata.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif