Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, saat berkampanye di Malang, Jatim. (ANT/ARI BOWO SUCIPTO)
Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, saat berkampanye di Malang, Jatim. (ANT/ARI BOWO SUCIPTO)

Prabowo Kehilangan Dukungan Kiai Sepuh Banten

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Kautsar Widya Prabowo • 27 Maret 2019 05:19
Jakarta: Sejumlah Kiai sepuh Banten mengalihkan dukungan untuk Paslon Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Para Kiai Sepuh ini mendukung Probowo Subianto-Hatta Radjasa pada Pilpres 2014.
 
"Pemilu 2019 saya mendukung KH Ma'ruf Amin. Ke Prabowo sudah pada pemilu 2014. Jadi sekarang ke Jokowi-Ma'ruf," kata salah satu ulama yang berpengaruh di Banten, Abuya Muhtadi Dimyathi di depan relawan Balad Jokowi di Cigadung, Pandeglang, Selasa, 26 Maret 2019.
 
Hal senada juga disampaikan kiai sepuh lainnya yakni Yusuf Mubaroq. Dia mengaku mendukung Prabowo-Hatta Radjasa saat itu karena termakan berita hoaks menyangkut Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada pertengahan 2018 saya baru 'taubat', dan itu setelah bersama sekitar 40 kiai dari Banten, termasuk KH Abuya Muhtadi bertemu Jokowi dan mendapat penjelasan langsung terkait isu-isu miring yang dituduhkan pada Jokowi," ujarnya
 
Yusuf juga menanggapi isu Ahok bakal menggantikan pososisi Ma'tuf. Yusuf menegaskan isu negatif yang belakangan disampaikan terkait Jokowi tidak benar.
 
"Saya sudah mendapat klarifikasi langsung dari Jokowi bahwa semua itu tidak benar," kata dia.
 
Tudingan Jokowi antek asing atau China dipastikan Yusuf tidak benar. Jokowi selama ini dekat dengan negara-negara Islam, seperti Arab Saudi, Abudabi dan Yordania. Karena kedekatan dan komunikasinya itulah, maka Raja Arab Saudi Salman berkunjung ke Indonesia.
 
(Baca: Jokowi Dapat Gelar Bapak Nelayan Serang)
 
Yusuf mengaku mendapat informasi dari seorang ulama bernama Abdurahman yang menyebut sebelum menjadi Wali Kota Solo, Jokowi merupakan pemimpin pengajian sholawat dan rajin shalat wajib serta sunah, bahkan rajin melaksanakan puasa sunah, Senin dan Kamis.
 
"Jokowi dan keluarganya Islam, bahkan sudah menunaikan Ibadah Haji. Saya pernah bersama-sama shalat Jumat dengan Jokowi. Dia (Jokowi) juga pernah ziarah ke Makam Sultan Banten (Maulana Hasanuddin), saya sendiri yang mendampinginya," ucap dia.
 
Jokowi juga dinilai sebagai presiden yang tidak hanya memberikan janji. Jokowi merelaisasikan janjinya dengan bukti program kerja saat ini. Terutama dengan masifnya pembangunan infrastruktur.
 
"Banyak pembangunan yang dilaksanakan, termasuk berupaya mensertifikatkan lahan mushala dan masjid di seluruh Indonesia, serta bantuan bagi para santri," pungkasnya.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif