Politikus PSI Andy Budiman (paling kiri kemeja putih). Foto: Adam Dwi Putra/MI
Politikus PSI Andy Budiman (paling kiri kemeja putih). Foto: Adam Dwi Putra/MI

Amien Rais Diminta Berhenti Memprovokasi

Pemilu pemilu serentak 2019
Juven Martua Sitompul • 27 April 2019 17:01
Jakarta: Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais diminta berhenti memprovokasi rakyat Indonesia. Ajakan Amien untuk melakukan people power melanggar hukum dan tidak bertanggung jawab.
 
"Ini harus dihentikan. Jadi saya minta di BPN, Pak Amien Rais sebagai tokoh senior untuk berhenti memprovokasi hal-hal seperti itu," kata Politikus PSI Andy Budiman dalam diskusi bertajuk 'Setelah Pemilu Serentak' di Jakarta, Sabtu, 27 April 2019.
 
Menurut Andi, Amien sebagai politikus senior seharusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Pendiri PAN itu diharapkan menghormati proses penyelenggaran pemilu yang sedang berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sudah tahu hasil quick count pasti benar kok, tidak ada kecurangan, mau mengerahkan massa. Itu sesuatu yang inkonstitusional," ujarnya.
 
Partai besutan Grace Natalie ini juga menyebut sikap Amien berbahaya bagi keamanan negara. Amien bahkan dianggap tak memberikan contoh baik bagi politikus muda Tanah Air.
 
Andi berharap Amien segera sadar dan menghentikan perbuatan-perbuatan yang melawan hukum. Ajakan people power harus segera dihentikan.
 
"Beliau harus mulai sadar diri dan berhenti melakukan tindakan-tindakan seperti itu, termasuk menyerukan people power," pungkasnya.
 
Amien sempat mengancam mengerahkan people powerketimbang ke MK, bila ada kecurangan pada Pemilu 2019. Amien menyebut mekanisme penyelesaian di MK sia-sia.
 
"Kalau nanti terjadi kecurangan, kita enggak akan ke MK. Enggak ada gunanya, tapi kita people power. People power sah!," ucap Amien, Minggu, 31 Maret 2019.
 
Sehari setelahnya Amien menjelaskan pernyataannya adalah bentuk terapi kejut. Ia meminta KPU memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT) yang dinilainya masih bermasalah.
 
"Saya mengambil cara katakanlah semacam terapi kejut. Siapa tahu ya, dengan mengatakan 'awas loh, kalau rakyat merasa ada pengibulan secara masif terukur dan sistematis, kesimpulannya bahwa election itu fraud (curang) enggak usah dipakai lagi," kata Amien usai konferensi pers Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Hotel Ayyana Midplaza, Jakarta Pusat, Senin, 1 April 2019.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif