Intelijen Waspadai Potensi Gangguan Pemilu
Ilustrasi. Medcom.id/Rizal.
Jakarta: Badan Intelijen dan Keamanan Polri menyiapkan langkah strategis terkait dengan indeks kerawanan Pemilu (IKP) 2019 yang diungkap Bawaslu. Polri siap menjamin keamanan pemilu serentak yang digelar April 2019.
 
"Kami telah mendapat rekomendasi dari Bawaslu dalam IKP. Polri sebagai insitusi yang paling menjamin berlangsungnya pemilu dengan aman," kata Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komjen Lutfi Lubihanto dikutip dari Media Indonesia,Selasa, 16 Oktober 2018.
 
Ia mengatakan ada tiga hal yang dilakukan kepolisian dalam rangka menjaga Pemilu 2019 agar berjalan lancar. "Pertama, mengawal dan mengamankan seluruh penyelenggara, kedua, berkaitan dengan mengawal warga negara yang memiliki hak suara menyampaikan pendapatnya, dan ketiga menjaga netralitas dalam rangka menjalankan pengamanan," ujarnya.
 
Menurutnya, adanya ancaman terkait dengan kerawanan-kerawanan tidak bisa lepas dari beberapa tahapan pilkada yang telah dilakukan. Seperti ada daerah yang pemilihannya tertunda serta ada pengajuan gugatan ke MK.
 
"Pada evaluasi Pilkada 2017, ada gangguan kamtibmas, ada perusakan, dan unjuk rasa. Dengan evaluasi itu, kami antisipasi dengan beberapa operasi dalam setiap tahapan. Ini guna menjamin pemilu tertib aman dan menjamin suara pemilih," tambahnya.

Baca: Bawaslu dan Polda Metro Bahas Persiapan Pemilu 2019


Saat memberikan pembekalan dalam Seminar Sekolah Sespimti Polri Pendidikan Reguler/Dikreg Ke-27 Tahun Ajaran 2018 di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Wapres Jusuf Kalla juga menyinggung soal profesionalisme polisi. JK meminta Kepolisian untuk memperbaiki perannya dalam hal keamanan negara demi menjaga stabilitas kondisi ekonomi, politik, dan sosial di Indonesia.
 
Hubungan yang saling memengaruhi di ketiga bidang tersebut, lanjut JK, harus berjalan seimbang sehingga stabilitas negara Indonesia dapat terjaga. Dengan kondisi ketertiban dan keamanan yang baik, iklim investasi di Indonesia dapat berjalan lancar sehingga kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dapat terjaga.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id