Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin saat hadir pada pendaftaran di gedung KPU. Foto: MI/Susanto
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin saat hadir pada pendaftaran di gedung KPU. Foto: MI/Susanto

Survei: Jokowi-Ma'ruf Unggul di Kalangan Buruh Jatim

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Amaluddin • 09 Januari 2019 22:11
Surabaya: Lembaga survei Surabaya Survey Center (SSC) menyebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di kalangan buruh di daerah Jawa Timur. Menurut hasil survei SSC, mereka mengantongi 60 persen suara dari kalangan buruh.
 
Peneliti SSC, Elis Yusniawati, mengatakan, Jokowi-Ma'ruf unggul jauh dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menrutu dia, pasangan nomor urut 02 itu hanya mengantongi 28,5 persen, dengan undecided voters sebesar 11,5 persen.
 
"Sebaliknya untuk kalangan pengangguran, Prabowo-Sandiaga unggul 55 persen dari Jokowi-Ma’ruf yang hanya mendapatkan 35,5 persen, dengan 9,5 persen undecided voters," kata Elis, saat merilis hasil riset Pilpres 2019 di Surabaya, Rabu, 9 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Prabowo-Sandiaga menang tipis dari Jokowi-Ma'ruf untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Paslon nomor urut 02 mendapatkan 48,2 persen, sedangkan paslon nomor 01 Jokowi-Ma’ruf mengantongi 42,8 persen, dengan 9 persen undecided voters.
 
"Sebaliknya, untuk di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 46,7 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga meraih 40,9 persen, dengan 12,4 persen undecided voters," kata Elis.
 
Sedangkan, di kalangan pensiunan, Jokowi-Ma’ruf mendapat suara 55,5 persen. Mereka unggul dari Prabowo-Sandi yang hanya meraih 35,5 persen, dengan 9 persen undecided voters.
 
Jokowi-Ma'ruf juga unggul di kalangan ASN dengan meraih 52,5 persen, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 37,5 persen, dengan 10 persen undecided voters. "Terakhir, kalangan wirausaha kecil, mereka lebih memilih Jokowi-Ma'ruf sebanyak 48,3 persen, dan 41,2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga, dengan 10,5 persen undecided voters," ujar Elis.
 
Baca:Swing Voters Diyakini Kepincut Capaian Ekonomi Jokowi
 
Selama ini, lanjut Elis pasangan Prabowo-Sandi gencar berkampanye terhadap kalangan emak-emak. Namun berdasarkan survei, kata Elis, upaya paslon nomor urut 02 belum bisa mendapat dukungan maksimal, yakni 40 persen dukungan. Paslon nomor urut 01 lebih unggul dengan 50 persen suara, dan 10 persen undecided voters.
 
SSC melaksanakan survei sejak tanggal 10 hingga 20 Desember 2018, di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Riset dilakukan terhadap 1.070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
 

 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi