Ilustrasi. Medcom.id/ Rakhmat Riyandi
Ilustrasi. Medcom.id/ Rakhmat Riyandi

Jakarta Selatan Sumbang Suara Terbanyak untuk PDIP DKI

Pemilu pileg pemilu serentak 2019
Nur Azizah • 17 Mei 2019 13:54
Jakarta: PDI Perjuangan masih memimpin perolehan suara di pemilihan legislatif Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan hasil sistem hitung Komisi Pemilihan Umum (KPU) PDI Perjuangan menempati urutan pertama dengan perolehan suara sebanyak 19,24 persen.
 
Penyumbang suara terbesar didominasi dari Jakarta Selatan. Seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta 7 yang meliputi wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, seperti Kecamatan Setiabudi, Kecamatan Kebayoran Lama, Kecamatan Cilandak, Kecamatan Kebayoran Baru, dan Kecamatan Pesanggrahan ini menyumbang 33.473 suara.
 
Kemudian Dapil 8 menyumbang suara terbanyak kedua dengan perolehan 27.198 suara. Dapil 8 meliputi wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan yang terdiri dari Kecamatan Tebet, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Pancoran, dan Jagakarsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir, daerah penyumbang suara terbanyak ialah dapil Jakarta 4 dengan perolehan suara sekitar 21.401 suara. Dapil DKI Jakarta 4 meliputi wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, terdiri dari Kecamatan Matraman, Pulogadung, dan Cakung.
 
Baca juga:Bawaslu Umumkan Hasil Laporan BPN Pekan Depan
 
Ketua fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono yakin partainya bisa mempertahankan kursi terbanyak di DPRD DKI. Bila demikian, PDI Perjuangan akan kembali mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD DKI.
 
"Semoga bisa mempertahankan kursi yang sudah ada," kata Gembong, beberapa waktu lalu.
 
Adapun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebanyak 17,53 persen. Lalu peringkat tiga besar ditempati Partai Gerindra dengan perolehan 17,19 persen.
 
Kedua partai ini selalu adu balap. Beberapa waktu lalu, Gerindra sempat berada di urutan kedua, namun tak lama disusul Gerindra.
 
Di posisi keempat ada Partai Hanura dengan perolehan 6,41 persen dan posisi lima besar diduduki Partai Demokrat dengan persentase sekitar 6,21 persen suara.
 
Data ini dilansir dari laman KPU RI yang diperbarui per hari ini, 17 Mei 2019 pukul 12.05 WIB. Data yang masuk baru sekitar 10,7 persen atau sekitar 3.116 tempat pemungutan suara dari total 29.063 TPS.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif