MK. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia.
MK. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia.

Sidang Sengketa Pileg Dibagi Lima Sesi

Pemilu Sidang Sengketa Hasil Pileg 2019
Fachri Audhia Hafiez • 08 Juli 2019 13:22
Jakarta: Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif 2019 akan dimulai Selasa, 9 Juli 2019. Sidang dijadwalkan dalam beberapa sesi.
 
Informasi yang dihimpun Medcom.id melalui laman mkri.id, sidang dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB, 10.30 WIB, 13.30 WIB, 14.00 WIB dan 16.00 WIB. Pada persidangan perdana, sebanyak 64 perkara yang telah teregistrasi akan disidangkan.
 
Sidang akan dibagi menjadi tiga panel hakim MK. Ketiga panel akan bersidang secara bersamaan di masing-masing ruangan yang berbeda. Tiga lokasi sidang diantaranya di ruang sidang pleno lantai dua, dan dua ruang sidang di lantai empat gedung MK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara MK Fajar Laksono mengatakan dalam sidang pendahuluan. majelis hakim akan memeriksa perkara yang telah memenuhi ketentuan formil. Bila memenuhi, akan dilanjutkan dalam agenda sidang pemeriksaan.
 
"Dalam sidang pendahuluan baru kita tahu perkara mana yang secara ketentuan formil itu memenuhi, mana perkara yang tidak memenuhi ketentuan formil. Nanti ada jawaban dari termohon ada keterangan pihak terkait," ujar Fajar kepada Medcom.id, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.
 
Fajar menjelaskan dalam sidang pendahuluan, akan terlihat perkara mana yang tidak memenuhi syarat formil pengajuan perkara. Sebanyak 260 PHPU legislatif teregistrasi dimungkinkan berguguran bila tak memenuhi persyaratan.
 
"Memenuhi atau tidak misal, pengajuan yang diajukan ke MK itu 3x24 jam kan itu tidak memenuhi ketentuan, ketentuan Undang-undang pengajuan permohonan kan 3x24 jam dan yang seperti itu baru tampak nanti setelah sidang pendahuluan itu," jelas Fajar.
 
Pengajuan yang dimaksud ialah permohonan PHPU yang diajukan satu hari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dan mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019. Sementara MK memberi kesempatan untuk pemohon mengajukan permohonan PHPU legislatif hingga Jumat, 24 Mei 2019 pukul 01.46 WIB.
 
Sidang PHPU legislatif akan berlangsung 9-12 Juli 2019. Agenda sidang akan memutuskan lanjut atau tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan.
 
Kemudian, sidang pemeriksaan akan digelar pada 15-30 Juli 2019. Sementara itu, pembacaan putusan hasil PHPU legislatif diagendakan pada 6-9 Agustus 2019.

 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif