Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) menyampaikan sambutan saat menghadiri Deklarasi Alumni Trisakti Pendukung Jokowi di Jakarta, Sabtu (9/2/2019). Antara/Puspa Perwitasari
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) menyampaikan sambutan saat menghadiri Deklarasi Alumni Trisakti Pendukung Jokowi di Jakarta, Sabtu (9/2/2019). Antara/Puspa Perwitasari

Jokowi Tak Ingin Tragedi Trisakti Terulang

Pemilu pelanggaran ham
Fachri Audhia Hafiez • 10 Februari 2019 00:33
Jakarta: Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo tak ingin Tragedi Trisakti pada 1998 terulang. Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga demokrasi.
 
"Saya tadi melihat peristiwa 1998 di layar, kita tidak ingin peristiwa seperti itu, turbulensi politik seperti itu hadir lagi di negeri yang kita cintai ini," kata Jokowi saat menghadiri deklarasi Alumni Universitas Trisakti kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu, 9 Februari 2019.
 
Jokowi mengatakan, Indonesia harus semakin matang dalam menjalankan demokrasi. Dengan begitu, peristiwa kerusuhan seperti 1998 tidak akan terjadi lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Jokowi, Universitas Trisakti memberikan kontribusi besar terhadap reformasi. Trisakti punya andil cukup besar dalam sejarah perubahan rezim orde baru menjadi demokrasi sesuai keinginan masyarakat.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, dirinya tidak memiliki beban masa lalu dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2019. Jokowi juga menegaskan tidak pernah melakukan hal-hal yang melanggar hak asasi manusia (HAM).
 
"Saudara-saudara sekalian, saya bukan ditaktor, saya juga bukan pelanggar HAM. Saya tidak memiliki beban masa lalu saja dan terima kasih," ucap Jokowi.
 
Tragedi Trisakti 12 Mei 1998 penanda perlawanan mahasiswa terhadap pemerintahan Orde Baru. Empat mahasiswa tewas dalam penembakan terhadap peserta demonstrasi, yakni Elang Mulia Lesmana, Hafidin Royan, Heri Hartanto, dan Hendriawan Sie.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif