Fadli Zon (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Fadli Zon (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Fadli Zon Raih Suara Tertinggi Melaju ke Senayan

Pemilu pileg
Faisal Abdalla • 17 Mei 2019 00:00
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pileg 2019 Provinsi Jawa Barat. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon meraih suara tertinggi di dapilnya.
 
Berdasarkan formulir DC I-DPR yang dibacakan Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, Fadli memperoleh 230.524 suara di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V. Partai Gerindra juga menjadi partai dengan raihan suara tertinggi di dapil yang meliputi wilayah Kabupaten Bogor itu dengan total suara partai dan caleg mencapai 624.731 suara.
 
Sejumlah poltikus beken yang juga diprediksi berhasil mengamankan kursi Senayan, seperti caleg PDI-P Adian Napitupulu. Adian berhasil meraup 80.228 suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Dapil Jawa Barat II ada nama Ace Hasan Syadzily. Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf itu diprediksi kembali lolos ke Senayan dengan raihan 77.334 suara.
 
Sejumlah wajah-wajah lama juga diprediksi lolos di Dapil Jawa Barat III. Mereka di antaranya Ketua DPP Partai Gerindra sekaligus anggota DPR RI Komisi II Ahmad Riza Patria, Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan, serta Sekjen PAN Eddy Soeparno.
 
Riza Patria memperoleh 54528 suara, sementara Syarif Hasan dan Eddy Soeparno masing-masing memperoleh 35.270 suara dan 45.081 suara.
 
Namun begitu, tidak semua politikus yang kerap wara-wiri di media berhasil mengamankan tiket ke Senayan. Koordinator Bidang Advokasi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean diprediksi gagal melaju ke Parlemen lantaran hanya sanggup meraih 7.186 suara, jauh tertinggal dari Caleg Demokart nomor urut 1, Anton Sukantono yang meraih 55.634 suara.
 
Selain Ferdinand, Politikus PDI-P Maruarar Sirait juga diprediksi tidak lolos. Pasalnya, Ara, sapaan akrab Maruarar hanya finis di posisi kedua di antara caleg PDIP Dapil Jawa Barat III dengan raihan 45.436, sementara PDI-P di dapil tersebut hanya berhasil mengamankan satu kursi. Kursi itu diprediksi milik caleg petahana, Diah Pitaloka yang berhasil meraup 47.263 suara.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif