Perang Klan Besar Politik di Dapil Sumsel
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan. Medcom.id/Deddy Pranata
Palembang: Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR RI dapil Sumatera Selatan (Sumsel). Ada banyak tokoh yang siap bertarung memperebutkan kursi menuju Senayan.

Selain petahana yang berusaha mempertahankan kursinya, terdapat juga nama-nama mantan kepala daerah, birokrat sampai keluarga dari tokoh nasional maupun daerah di dapil Sumsel 1 dan 2.


Pada dapil Sumsel 1, terdapat nama  Achmad Hafisz Tohir yang merupakan adik kandung Hatta Rajasa dari PAN. Tidak hanya itu, nama Hanna Gayatri yang juga saudara kandung mantan Ketua Umum PAN tersebut pada dapil Sumsel 2.

"Tercatat ada Nazarudin Kiemas dari PDI Perjuangan dan Lury Elza Alex dari Partai Golkar di dapil Sumsel 1 yang meliputi Kota Palembang dan Lubuklinggau, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas serta Musi Rawas Utara," ucap Ketua KPU Sumsel, Aspahani.

Nazarudin Kiemas sendiri merupakan adik kandung Taufiq Kiemas, almarhum suami Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Sementara Lury Elza Alex, putri mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

"Dapil Sumsel 2 juga ada keluarga dari tokoh yang bertarung. Ada Percha Leanpuri putri Gubernur Sumsel Herman Deru dan Zaitun Mawardi Yahya, putri Wakil Gubernur Sumel Mawardi Yahya," terang komisioner yang masa jabatannya habis 7 November mendatang ini.

Percha Leanpuri dan Zaitun Mawardi Yahya merupakan caleg dari Partai NasDem yang memasang target meraih 2 kursi. Masih pada dapil Sumsel 2, terdapat nama Sri Meliyana dari Partai Gerindra, istri mantan Ketua Umum Partai Bintang Reformasi (PBR) Bursah Zarnubi.

"Persaingan tampaknya akan sangat seru untuk memperebutkan delapan kursi dapil Sumsel 1 dan sembilan kursi pada dapil Sumsel 2. Semoga para caleg dapat melakukan kampanye sesuai aturan yang ada," urai Aspahani.

Sebanyak 239 calon legislatif bakal bertarung untuk memperebutkan 17 kursi di Dapil 1 dan Dapil 2 Sumsel.



(SUR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id