Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: MI/Rommy Pujianto
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: MI/Rommy Pujianto

KPU Tambah Durasi Segmen Debat Cawapres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 15 Maret 2019 07:00
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi kelonggaran durasi pada para kandidat di debat calon wakil presiden. Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, menyebut ada cukup waktu bagi Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno untuk berargumen.
 
"(Karena) Hampir semua segmen ada penambahan waktu," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Debat ketiga sendiri masih akan terbagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama masih akan dibuka dengan pemaparan visi-misi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU menambahkan durasi pemaparan visi-misi selama satu menit. Total calon wakil presiden diberi waktu empat menit untuk memaparkan visi-misi.
 
Sesi kedua dan ketiga merupakan sesi pendalaman visi-misi. Calon wakil presiden akan menjwab pertanyaan-pertanyaan yang disusun oleh tim panelis. Pada debat kali ini juga, kedua kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama.
 
Di sesi keempat dan kelima, kedua kandidat masih akan mendalami visi-misi sama seperti sesi kedua dan ketiga. Namun di sesi ini, kedua kandidat akan langsung saling bertanya dan menjawab.
 
Debat ditutup dengan pernyataan penutup (closing statement) di sesi keenam. Pada sesi ini, kedua kandidat dipersilakan memberi pernyataan penutup dengan durasi selama empat menit.
 
"Jadi untuk debat ketiga ini waktunya hampir semua sesi kita tambah," ujar Wahyu.
 
Debat ketiga Pilpres 2019 akan digelar Minggu, 17 Maret 2019 mendatang. Debat hanya akan menyertakan calon wakil presiden. Debat akan dimoderatori oleh jurnalis Alfitto Deannova dan Putri Ayuningtyas.
 
Calon wakil presiden 01 Ma'ruf Amin dan cawapres 02 Sandiaga Uno akan beradu gagasan, visi, misi, program di bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial dan budaya.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif