Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto membaca catatan di sela debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019. ANT/Hafidz Mubarak.
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto membaca catatan di sela debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019. ANT/Hafidz Mubarak.

Cek Fakta: Korupsi Indonesia Sangat Parah

Pemilu debat capres pilpres 2019
Dheri Agriesta • 30 Maret 2019 21:01
Jakarta: Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut korupsi masih menjadi momok bagi penegakan hukum di Indonesia. Prabowo menyebut korupsi di Indonesia sangat mengkhawatirkan.
 
"Korupsi di Indonesia dalam taraf yang sangat parah," kata Prabowo saat debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019.
 
Berdasarkan hasil survei Transparency International, indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia 2018 naik ke peringkat empat di ASEAN. Indonesia berhasil menggeser posisi Thailand yang turun ke posisi enam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal, sebelumnya Indonesia berada di bawah Thailand. Transparency International menyebut IPK Indonesia naik satu poin menjadi 38 dari skala 1-100 pada 2018. Di ASEAN, Indonesia berada di bawah Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia.
 
Sementara di dunia, peringkat Indonesia mengalami peningkatan. Pada 2018, Indonesia berada di peringkat 89 dari 180 negara. Tahun sebelumnya, Indonesia berada di peringkat 96.
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyebut korupsi di Indonesia terus menurun. Penindakan kasus korupsi pada 2018 turun sebesar 41,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif