Sistem pendingin sepeda motor beragam jenis. suzuki
Sistem pendingin sepeda motor beragam jenis. suzuki

Ada 4 Jenis Sistem Pendingin Sepeda Motor, Begini Cara Kerjanya

Otomotif Sepeda Motor tips motor perawatan kendaraan Perawatan Motor
Adri Prima • 01 Desember 2021 18:04

1. Sistem pendingin dengan udara alami


Sistem pendingin ini digunakan pada motor bebek di bawah 125 cc. Kapasitas mesin yang rendah memungkinkan pendinginan memanfaatkan udara alami dengan memanfaatkan siri-sirip pendingin yang ada pada mesin motor.
 
Sistem akan bekerja ketika motor berjalan, oleh karena itu mesin tidak ditutup sehingga aliran udara akan bekerja.
 
Cara kerjanya adalah ketika motor berjalan, udara akan melewati celah dari setiap sirip mesin. Dari sinilah panas yang mengalir di silinder mesin beralih ke dinding silinder dalam dan luar baru keluar ke udara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelebihan dari sistem pendingin udara alami ini adalah bagus saat cuaca dingin maupun panas. Kekurangannya adalah motor cepat panas ketika kondisi jalan macet karena tidak ada udara yang mengalir.

2. Sistem pendingin dengan udara kipas


Berbeda dengan pendingin mesin motor udara alami yang tidak bekerja saat macet, pendingin kipas justru bekerja lebih baik. Alasannya karena komponen pendinginnya mengandalkan kipas yang tetap berputar meskipun jalanan macet. 
 
Kipas akan menciptakan aliran udara dari luar ke dalam mesin dan proses pendinginan pun akan bekerja. Pemasangan kipas berada pada poros engkol mesin dan letaknya pada di bawah jok, tertutup dengan cover. 
 
Hasilnya adalah pendinginan lebih efektif karena udara bertekanan akan dialirkan ke arah silinder serta kepala silinder. Sistem ini sekarang banyak digunakan pada jenis motor matic. 
 
Halaman Selanjutnya
3. Sistem pendingin dengan air…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif