Ada 2 keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh pengemudi kendaraan. Auto2000
Ada 2 keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh pengemudi kendaraan. Auto2000

Safety Driving

2 Keterampilan Wajib untuk Cegah Kecelakaan Fatal Di Jalan

Otomotif tips mobil safety driving tips otomotif
Ekawan Raharja • 07 Oktober 2020 14:00

Jakarta: Mengemudi mobil bukanlah pekerjaan mudah karena tanggung jawab yang besar saat berada di jalan. Apapun yang dilakukan saat pengemudi mobil akan berdampak kerugian pada diri sendiri dan pengguna jalan lain jika dilakukan tidak sesuai aturan, bahkan bisa berakibat fatal bila sampai terjadi kecelakaan.
 
Banyak kecelakaan fatal di jalan raya yang disebabkan aturan-aturan yang tidak ditaati tidak menggunakan seat belt, melanggar batas kecepatan di jalan, dan lain-lainnya. Oleh sebab itu Auto2000 berbagi tips soal 2 keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh pengemudi kendaraan;

1. Keterampilan Emosi

Keterampilan emosi dibutuhkan agar pengemudi dapat mengendalikan emosinya dengan baik ketika berkendara. Dengan menjaga emosi, pengemudi bisa mengambil keputusan yang bijak dalam menghadapi situasi yang berubah cepat dengan tujuan utama menjaga keselamatan seluruh pengguna jalan. Soft skill ini berperan sangat penting untuk memastikan pengemudi bisa membawa laju kendaraan sesuai kaidah safety driving.
 
Oleh sebab itu, syarat agar dapat mengemudi mobil di jalan adalah sudah berusia lebih dari 17 tahun karena dianggap sudah cukup dewasa dalam mengambil keputusan yang ditandai dengan diperolehnya SIM A sebagai syarat hukum. Meski begitu, tetap dibutuhkan kematangan emosi dalam mengambil keputusan krusial yang biasanya ditandai dengan pengalaman dan jam terbang di balik kemudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keterampilan emosi membuat pengemudi dapat berpikir tenang dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan, seperti tidak emosional ketika ada mobil lain memotong jalurnya. Atau tidak melanggar lampu lintas yang sedang menyala merah walau situasi memungkinkan, selalu menggunakan seat belt tanpa diminta, menjaga jarak aman dan waspada pada lingkungan sekitar mobil, serta patuh aturan lalu lintas lainnya tanpa ragu. Semua diambil dengan keyakinan untuk menjaga keamanan seluruh pengguna jalan.


 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif