Ilustrasi ban mobil. Hankook
Ilustrasi ban mobil. Hankook

Tips Otomotif

Siap Jalan Mudik? Jangan Lupa Cek Kondisi Ban

Otomotif Mudik Lebaran tips mobil ban mobil tips otomotif Hankook Perawatan Ban Mudik Lebaran 2022
Ekawan Raharja • 29 April 2022 09:00
Jakarta: Arus mudik ke berbagai daerah sudah dimulai seiring dengan Idulfitri yang akan hadir sebentar lagi. Bagi yang ingin pergi mudik dengan kendaraan pribadi, khususnya mobil, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban.
 
National Sales Manager PCR (Passenger Car Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono mengajak para calon pemudik roda empat untuk mempersiapkan kendaraan dalam kondisi prima dengan memastikan kondisi seluruh komponen mobil, tak terkecuali ban.
 
“Setidaknya para pemudik harus melakukan pengecekan sebelum berkendara, karena memang ban itu kan terbuat dari karet, pasti ada celah-celah kecil yang bisa membuat angin keluar. Jangan sampai ketika mudik melintasi Tol Trans Jawa mengalami pecah ban,” ujar Apriyanto.
 
Apriyanto membagikan 4 tips berkendara aman dan nyaman saat mudik. Pertama, perhatikan kondisi mesin mobil, rem, radiator, aki mobil, serta tekanan angin dan keausan pada ban. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan standar dan tingkat keausan ban masih berada di atas batas keausan yang sudah ditetapkan.
 
Kurangnya tekanan angin dan ban yang sudah gundul (aus) bisa menjadi awal dari berbagai masalah. Mulai dari kerusakan pelek, pecah ban, hingga berujung pada kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu pemilik kendaraan dihimbau agar tidak mengabaikan potensi tersebut.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif