Ilustrasi jalanan yang menanjak. Mitsubishi
Ilustrasi jalanan yang menanjak. Mitsubishi

Safety Driving

Teknik Melewati Tanjakan dengan Mobil Transmisi Otomatis

Ekawan Raharja • 10 September 2021 17:05

Jakarta: Para pengendara mobil sekarang ini masih banyak yang meragukan kemampuan mobil dengan transmisi otomatis untuk melewati jalan yang menanjak. Sebagai pengemudi tentu harus mengetahui teknik safety driving yang tepat, khususnya teknik melewati tanjakan, agar mobil bisa melewati dengan mulus.
 
Nah lantas bagaimana teknik yang tepat untuk melewati jalan dengan tanjakan? Mitsubishi kemudian mengumumkan teknik melewati tanjakan dengan mobil bertransmisi otomatis agar bisa melewatinya dengan lancar.
 

1. Pindahkan tuas ke posisi rendah

Untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis, pasti memiliki beberapa tingkatan atau gigi sesuai kebutuhan. Di jalan menanjak yang cukup terjal biasanya transmisi otomatis dengan percepatan terendah yaitu 1/L (low). Cukup pindahkan tuas dari mode D (drive) ke L ini ketika menghadapi tanjakan curam atau ketika terjebak macet dan berjalan pelan di tanjakan.
 
Posisi transmisi membuat percepatan diatur untuk memaksimalkan torsi yang besar untuk melibas tanjakan. Dengan gigi berada di posisi tersebut, pastinya daya puntir lebih maksimal dan tidak ada masalah saat melewati tanjakan dengan kemiringan tertentu. Sementara untuk menurun, mobil akan menahan kecepatan di gigi terendah sehingga engine brake akan berfungsi menahan laju mobil.
 
Sedangkan jalan menanjak yang masih landai, biasanya ada pilihan gigi terendah 2/S (second). Dengan gigi di posisi tersebut, menghasilkan kombinasi antara torsi dan tenaga untuk melewati tanjakan yang landai.


 
Halaman Selanjutnya
  2. Gunakan Paddle Shift…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif