Tie rod memiliki sejumlah fungsi yang berkaitan dengan kemudi mobil. Suzuki
Tie rod memiliki sejumlah fungsi yang berkaitan dengan kemudi mobil. Suzuki

Tips Otomotif

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Tie Rod Mobil

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 08 Oktober 2020 16:00
Jakarta: Sebuah mobil bergerak dan dikendalikan karena banyak komponen yang ada di dalamnya bekerja mengatur berbagai hal. Bahasan kali ini akan membicarakan mengenai tie rod yang merupakan salah satu komponen di balik roda.
 
Tie rod adalah salah satu komponen mobil yang terletak antara steering gearbox dan knuckle roda, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki. Alat ini bentuknya memanjang yang menghubungkan antara ujung steering rack dengan roda mobil bagian depan.
 
Dengan kata lain, alat ini yang menghubungkan bagian kemudi mobil dengan bagian roda mobil. Bentuk dari tie rod ini juga bermacam-macam, dan tidak sama untuk setiap jenis mobil. Lebih tepatnya bentuk alat ini memang tergantung dari jenis dan sistem kemudi yang digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jenis untuk kemudi mobil yang menggunakan model steering rack, ada dua jenis tie rod yang dikenal yaitu rack end (long tie rod) dan tie rod end. Long tie rod merupakan alat yang dipasang dan terhubung pada bagian ujung steering rack. Jadi alat ini langsung berhubungan dengan kemudi mobil.
 
Sedangkan tie rod end dipasang dan langsung terhubung dengan tempat roda mobil. Baik long tie rod maupun tie rod end sama-sama berperan penting bagi sistem kemudi namun bentuknya berbeda karena menyesuaikan sistem di mobil.
 
Halaman Selanjutnya
  Fungsi Tie Rod Mobil…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif