Kondisi ban yang tidak sehat sangat berisiko menghadirkan kecelakaan. Twitter/TMCPoldaMetro.
Kondisi ban yang tidak sehat sangat berisiko menghadirkan kecelakaan. Twitter/TMCPoldaMetro.

Safety Driving

4 Masalah Ban yang Wajib Diketahui Pengemudi Truk

Otomotif tips mobil safety driving
Ekawan Raharja • 02 September 2020 09:31

Rutin Memeriksa Kondisi Ban Sebelum Perjalanan

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat berbagai perubahan kondisi ban di atas, penting bagi para pengemudi bus dan truk untuk mengecek kondisi ban secara rutin, minimal setiap sebelum melakukan perjalanan. Periksa tekanan angin ban apakah sesuai dengan beban yang dimuat, kondisi telapak ban apakah masih di atas batas minimal tebal telapak ban, luka atau benjolan pada ban, dan batu-batu yang menempel pada telapak ban atau di antara ban ganda.
 
Jika setelah memeriksa ban menemukan kondisi seperti benjol atau sudah aus di bawah batas minimal tebal telapak ban (biasanya 3 mm untuk truk dan bus), sebaiknya segera mengganti ban tersebut. Ban yang digunakan perlu disesuaikan dengan jenis dan ukuran dari masing-masing bus dan truk.
 
Hankook Tire, sebagai produsen ban kendaraan, menyediakan berbagai jenis ban radial yang baik digunakan untuk bus dan truk dalam berbagai kegunaan berkendara dari segi jarak (pendek, menengah, jauh) dan segi tipe jalur (on-road dan off-road). Ban radial diketahui memiliki tingkat kenyamanan, keamanan, serta efisiensi pemakaian yang lebih baik dari ban bias karena memiliki struktur ban yang terbuat dari kawat baja untuk daya tahan dan umur pemakaian ban yang lebih panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu ban truck and bus radial (TBR) Hankook Tire yang paling dicari oleh konsumen untuk jenis ban tubeless adalah 11R225 AH31K, dan untuk jenis ban tube type adalah 1000R20 AH30, yaitu ban serbaguna untuk beragam kondisi operasional pelanggan fleet.
 
“Untuk mendukung komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi pelanggan kendaraan komersial, kami dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan produk ban yang sesuai melalui layanan pre-sales dan after-sales yang telah tersedia di seluruh jaringan resmi distributor di Indonesia,” ucap Shin.
 
Selain itu, perusahaan yang dipimpinnya ini juga menawarkan program pelatihan pengemudi untuk dapat memaksimalkan pemakaian ban. Materi yang dapat dipelajari dalam program ini antara lain dasar-dasar pengetahuan ban, perawatan ban, pre-check sebelum mengemudi, dan lain-lain. “Para pengusaha angkutan truk dan bus yang menjadi pelanggan kami dapat mengikutsertakan pengemudi perusahaannya program ini, langsung di workshop, atau garasi pelanggan fleet,” tutup Shin.
 
(UDA)
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif