Ilustrasi. Lifepal
Ilustrasi. Lifepal

Tips Otomotif

Ada Mobil Nganggur Di Rumah? Bisa Jadi Ladang 'Cuan'

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 23 Februari 2021 15:00
 
Sebab, risiko akan hilangnya mobil karena tindak pencurian masih tetap ada. Ketika mobil hilang karena dicuri, maka kita sama saja kehilangan aset yang sangat bernilai. Mengingat mobil nyaris tidak terpakai tentu lebih hemat memilih TLO. Asuransi mobil TLO bisa menjadi solusi karena memiliki premi yang lebih murah ketimbang comprehensive.
 

3. Ubah Menjadi Aset Produktif

Bila masih memiliki waktu untuk mengelola aset ini menjadi aset produktif bisa menyewakan mobil atau menjadikannya sebagai armada taksi online untuk menambah pemasukan bulanan. Namun ingat bahwasanya, asuransi mobil bisa hangus ketika Anda mengubah fungsi mobil pribadi menjadi kendaraan komersial. Ketika asuransi hangus maka klaim pun tidak bisa dilakukan.
 
Lantas bagaimana caranya untuk memitigasi hal ini? Berbohong untuk perubahan fungsi bisa saja dilakukan namun tim investigasi asuransi tentu bisa mengetahui kelak.
 
Hubungilah pihak asuransi mobil terkait perubahan fungsi kendaraan. Pihak asuransi tentu akan melakukan penyesuaian premi asuransi mobil yang sudah diubah menjadi kendaraan komersial, mengingat resiko mobil komersial cenderung lebih tinggi ketimbang mobil pribadi.
 

4. Jual Jika Belum Tahu Kapan akan Dipakai Lagi

Jika tidak memiliki urgensi menggunakan mobil kembali karena lebih sering WFH, mendadak nyaman menggunakan sepeda motor, kendaraan umum, atau transportasi online, maka tidak ada salahnya untuk menjual mobil. Seperti yang dijelaskan di atas, mobil tak terpakai tetap akan menimbulkan pengeluaran seperti biaya perawatan, penggantian suku cadang, asuransi, dan pajak tahunan. Ketika aset tersebut bersifat tidak produktif maka pengeluaran itu terbilang sia-sia. 
 
Halaman Selanjutnya
  Di samping itu, mobil…
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif