Suzuki Burgman Street 125EX. Dio
Suzuki Burgman Street 125EX. Dio

Seputar Mitos-Mitos Mesin Motor, Benar Apa Salah? (2/2)

Ekawan Raharja • 12 Januari 2025 15:47
Jakarta: Dalam dunia otomotif, khususnya sepeda motor, terdapat banyak mitos yang beredar mengenai cara merawat mesin motor. Mitos-mitos ini sering kali dipercaya oleh banyak orang, meski tidak semuanya benar. Jika artikel sebelumnya, Suzuki sudah merangkum beberapa mitos seputar mesin motor. berikut artikel selanjutnya

6. Mitos: Menekan Gas Saat Memanaskan Mesin Membantu Proses Pemanasan

Sebagian pengguna motor berpikir menekan gas saat memanaskan mesin dapat mempercepat distribusi oli. Kenyataannya, menekan gas saat memanaskan motor justru dapat membahayakan komponen mesin. 
 
Saat mesin masih dingin, oli belum sepenuhnya menyebar ke seluruh bagian. Menekan gas dalam kondisi ini dapat menyebabkan gesekan berlebih pada komponen mesin, yang berisiko merusaknya.

7. Mitos: Buka tutup tangki bahan bakar saat mengisi bensin agar lebih penuh

Beberapa pengendara percaya membuka tutup tangki bahan bakar saat mengisi bensin bisa membuat tangki lebih penuh. Namun, ini adalah mitos yang berbahaya. Faktanya, tutup tangki bahan bakar dirancang dengan sistem ventilasi yang tepat. Jadi, membuka tutup tangki bisa menyebabkan tumpahnya bensin saat penuh. 
 
Baca Juga:
BMW M4 akan Lahir Dalam Performa EV

 
Apabila hal tersebut dibiarkan, risiko terjadinya kebakaran akan meningkat. Untuk itu, Anda perlu mengisi bahan bakar sampai pompa bensin otomatis berhenti untuk keamanan optimal.

8. Mitos: Mengganti busi dengan yang lebih mahal pasti meningkatkan performa mesin

Mengganti busi standar dengan busi mahal atau "racing" dipercaya akan selalu meningkatkan performa mesin. Namun, hal ini tidak selalu benar. Faktanya, busi harus sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan. Sebab, busi yang tidak sesuai bisa menyebabkan masalah pada pengapian.

Performa mesin lebih dipengaruhi oleh perawatan rutin daripada jenis busi. Jadi, busi mahal tidak selalu berarti lebih baik untuk semua jenis mesin motor.

9. Mitos: Mesin harus di-tune up setiap bulan

Dipercaya jika mesin sepeda motor harus selalu di-tune up setiap bulan untuk performa optimal. Namun, ini tidak selalu diperlukan. Interval tune up yang tepat tergantung pada jenis motor dan intensitas penggunaan. Kebanyakan motor modern memerlukan tune up setiap 4000-6000 km atau 6 bulan.
 
Baca Juga:
70 Unit Ground Support Equipment Terbaru, Andalan IAS di Layanan Aviasi

 
Tune up yang terlalu sering dilakukan bisa menyebabkan pemborosan dan gangguan pada setting mesin. Oleh karena itu, ikuti rekomendasi dari bengkel resminya untuk interval waktu servis motor yang tepat.

10. Mitos: Menambahkan zat aditif selalu baik untuk mesin 

Banyak produk aditif dijual dengan klaim dapat meningkatkan performa mesin. Namun, penggunaannya perlu diperhatikan. 
 
Tidak semua aditif cocok untuk semua jenis mesin. Penggunaan aditif yang tidak tepat bisa merusak komponen. Kendaraan modern secara umum mesinnya sudah dirancang untuk bekerja optimal tanpa aditif tambahan. 
 
Oleh karena itu, konsultasikan dengan mekanik profesional sebelum menggunakan aditif apapun.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan