Ilustrasi mudik dengan sepeda motor. Dok MI
Ilustrasi mudik dengan sepeda motor. Dok MI

Safety Riding

Bahaya Mudik dengan Sepeda Motor, Safety Riding: Tidak Stabil

Otomotif Mudik Lebaran Sepeda Motor safety riding Mudik Lebaran 2022
Ekawan Raharja • 25 April 2022 10:00
Jakarta: Pemerintah sudah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor. Dari aspek safety riding pun, mudik dengan sepeda motor tidak aman.
 
Pendiri Global Defensive Driving Center (GDDC), Aan Gandhi, sangat setuju dengan imbauan pemerintah agar masyarakat tak mudik memakai motor. Sebab, mudik menggunakan motor sangat berbahaya.
 
Menurut dia, motor adalah kendaraan labil karena hanya memakai dua roda. Itu artinya, motor membutuhkan keseimbangan untuk melaju dengan baik. Syaratnya, penumpang hanya satu dengan bobot tak boleh melebihi 150 kg, barang bawaan tidak boleh melebihi 20 kilogram, lebar barang bawaan tidak boleh melebihi setang. 
 
“Kalau penumpang lebih dari dua, handling sepeda tidak normal, motor tidak akan lurus dan seimbang,” tegas Aan dalam webinar Mudik Sehat, Silaturahmi di Era Pandemi yang digelar Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Sabtu (23/4/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ucapan Aan juga sudah terbukti di lapangan bahwa sepeda motor bukanlah alat transportasi yang aman untuk mudik. Kementerian Perhubungan membeberkan 70 persen dari 23 ribu kasus kecelakaan di jalan raya tahun 2021 melibatkan sepeda motor.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif