Ilustrasi berkendara di sirkuit. Yamaha
Ilustrasi berkendara di sirkuit. Yamaha

Safety Riding

Mau Ngebut Di Sirkuit? Ketahui Dulu Teknik Dasarnya

Ekawan Raharja • 23 November 2021 14:00
 

3. Teknik Berkendara

Lakukan pengereman ketika posisi motor lurus sebelum menikung, hindari melakukan pengereman saat posisi motor miring, ini akan membuat motor kehilangan keseimbangan dan roda mudah kehilangan grip/slip. Lakukan pengereman terlebih dahulu, lepas rem lalu menikung.
 

4. Fitur dan Teknologi yang Membantu Pengendara Di Sirkuit

-Assist & Slipper Clutch
Sangat bermanfaat di sirkuit karena saat melakukan perpindahan gear tidak membuat tangan lelah karena tarikan kopling yang ringan. Efek engine break juga diminimalisir saat akan masuk tikungan dan biker melakukan penurunan gear. Hal ini pun turut menjaga part motor seperti gear set, rantai dan kampas kopling jadi lebih awet.
 
- Suspensi Up Side Down
Membuat motor lebih stabil saat akselerasi, pengereman dan menikung.
 
- Variable Valve Actuation (VVA)
Manfaat VVA sangat terasa saat melaju di sirkuit dimana torsi merata di setiap putaran mesin dan tenaga motor lebih besar. Karena dari rpm bawah sudah optimal dan tidak butuh waktu lama untuk perpindahan dari rpm rendah ke rpm tinggi.
 
- Shift Timing Light
Bermanfaat untuk memberikan tanda kepada biker untuk melakukan penggantian gear yang tepat agar tenaga motor dapat terjaga dengan maksimal (disarankan penggantian gear/shift up di rpm maksimum power 10.000 rpm).
 
(ERA)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif