Kondisi mobil yang ditumpangi Vanessa Angel. foto: ist
Kondisi mobil yang ditumpangi Vanessa Angel. foto: ist

Safety Driving

Berkaca dari Kecelakaan Vanessa Angel, Simak Tips Menghindari Kantuk saat Mengemudi

Adri Prima • 04 November 2021 16:39
Jakarta: Artis Vanessa Angel dan suaminya Bibi Ardiansyah meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan maut yang terjadi di Tol Jombang di KM 672, Kamis, 4 November 2021. Sedangkan tiga orang lainnya yang juga berada di mobil yang sama mengalami luka-luka. 
 
Berdasarkan laporan dari Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim, mobil Pajero Sport warna putih yang ditumpangi Vanessa mengalami kecelakaan tunggal akibat kelalaian pengemudi.
 
"Semula kendaraan Pajero nopol  B 1264 BJU berangkat dari Jakarta. Setiba di KM 673+300/A ruas tol Jomol, kendaraan tersebut tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol dikarenakan sopir mengantuk," jelas laporan PJR Ditlantas Polda Jatim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akhirnya kendaraan Pajero tersebut terpelanting dan berputar berhenti di lajur cepat. Situasi pada saat kejadian arus lalin landai lancar cuaca cerah," lanjut laporan tersebut. 
 
Berdasarkan analisa dan kesimpulan sementara, sang sopir kemungkinan kurang konsentrasi karena mengantuk sehingga mengakibatkan kecelakaan. 
 
Belajar dari kecelakaan ini, penting bagi kita semua untuk memastikan kondisi fisik tetap prima saat berkendara jarak jauh ke luar kota. Rasa kantuk saat mengemudi berjam-jam merupakan hal yang lumrah terjadi. Rasa kantuk juga bisa muncul tiba-tiba.
 
Namun yang hal paling berbahaya adalah ketika Anda memutuskan untuk tetap menyetir walau sudah setengah sadar. Situasi ini biasa disebut micro sleep, yakni situasi pengemudi tertidur selama beberapa detik yang bisa berakibat fatal.
 
Dirangkum dari beragam sumber, berikut ini tips menghindari kantuk saat mengemudi: 

Beristirahat setiap 2 jam

Serangan kantuk saat menyetir dalam perjalanan panjang adalah hal yang wajar. Untuk mencegahnya, ada baiknya Anda beristirahat setiap dua jam untuk melakukan peregangan otot atau tidur sejenak. Jika dipaksakan menyetir tanpa jeda, tubuh dan mata Anda justru jadi cepat lelah dan terasa berat. Karena itu, usahakan tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali meski kantuk belum menyerang. 
 
Halaman Selanjutnya
Berhenti di tempat aman dan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif