Ilustrasi--Sejumlah kendaraan melintasi Jalan S. Parman saat berlangsungnya pembatasan kendaraan bermotor ganjil genap di Jakarta. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)
Ilustrasi--Sejumlah kendaraan melintasi Jalan S. Parman saat berlangsungnya pembatasan kendaraan bermotor ganjil genap di Jakarta. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)

Safety Driving

Pentingnya Beretika Di Jalan Raya

Ekawan Raharja • 19 November 2021 09:00
Jakarta: Etika berkendara merupakan sikap yang perlu dimiliki setiap individu pengguna jalan. Terkadang, pengemudi dengan jam terbang tinggi cenderung mengabaikannya karena merasa dengan mengabaikan perilaku ini tidak terlalu beresiko dengan situasi di jalan.
 
National Sales Manager Passenger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono, menilai pengemudi tidak hanya berpatokan kepada aturan wajib seperti undang-undang lalu lintas, tetapi juga berempati dengan sesama pengguna jalan dengan menerapkan etika berkendara. Menurutnya, masyarakat di Indonesia bisa meniru etika para pengguna jalan raya di negara-negara maju.
 
"Soal etika berkendara, kita bisa belajar dari negara maju seperti Belanda, mereka sangat menghargai pejalan kaki. Pengemudi di Belanda juga jarang menggunakan klakson, hanya saat keadaan darurat saja mereka menggunakannya dan lebih memilih untuk menggunakan lampu terutama saat malam hari. Gestur seperti inilah yang mencerminkan empati kita terhadap sesama pengguna jalan, bahwa semua berhak untuk aman dan nyaman," ujar Apriyanto melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun kemudian mengingatkan kembali beberapa contoh etika berkendara lainnya yang bisa diterapkan untuk mereduksi risiko kecelakaan lalu lintas.

1. Berkendara dengan Kecepatan Stabil

Pengemudi yang ragu-ragu dalam menyetir membuat pergerakan kendaraan tidak teratur, bergerak cepat dan lambat dalam waktu singkat. Pengemudi lain akan kesulitan mengantisipasi ketika berhadapan dengan situasi tersebut, akibatnya terjadi kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif