Pentingkah menggunakan fitur keselamatan berkendara seperti kontrol traksi dan rem abs saat touring jarak jauh? JawaDwipa
Pentingkah menggunakan fitur keselamatan berkendara seperti kontrol traksi dan rem abs saat touring jarak jauh? JawaDwipa

Pentingkah Fitur Kontrol Traksi dan Rem ABS saat Touring Jarak Jauh?

Ahmad Garuda • 07 September 2021 14:20
Fitur keselamatan berkendara di kendaraan roda dua, saat ini posisinya sudah sangat penting. Apalagi jika untuk keperluan berkendara jarak jauh. Di antara fitur keselamatan yang tak boleh lepas di antaranya adalah kontrol traksi, sistem pengereman hingga komposisi ban yang bertapak lebar.
 
Lantaran ini adalah fitur-fitur yang bakal membantu pengendara untuk memaksimalkan kendali atas kendaraannya, tentu jadi hal wajib yang dimiliki oleh kalian penggemar touring jarak jauh. Seperti yang dirasakan oleh duo JawaDwipa-2 yang melakukan touring dari Jakarta dan berkeliling ke Jawa Tengah untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.
 
Keduanya menggunakan Yamaha All New Nmax 155 VVA Connected ABS sekaligus melakukan pengetesan. Hal-hal yang mereka uji dalam perjalanan tersebut tak lain adalah fitur-fitur keselamatan yang disematkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA JUGA:
Tips Aman Berkendara Saat Hujan, Jangan Lakukan 3M
 
"Kami menghadapi beragam kondisi jalan. Mulai saat berangkat dihadang hujan dan jalan licin di area pantura, hingga jalan berkelok dengan karakter aspal dingin hingga jalan berdebu di area pertanian di Tawangmangu. Dari sini kami menganggap bahwa fitur keselamatan berupa kontrol traksi, hingga sistem pengereman dual channel ABS di bagian depan itu sangat penting," ujar Pekik Udi Irianto, yang juga jadi punggawa di JawaDwipa-2.

Memaksimalkan Fungsi Kontrol Traksi

Kontrol traksi adalah fitur yang memang bukan barang baru di sepeda motor. Lantaran fitur ini sudah lama tersedia. Namun untuk kendaraan 150 cc, berbodi gambot seperti All New Nmax, fitur ini bisa terbilang masih baru. Meski sempat banyak yang sanksi atas kehadiran fitur keselamatan berkendara yang satu ini, namun faktanya memang sangat membantu.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif