DFSK SUper Cab. DFSK
DFSK SUper Cab. DFSK

Tips Otomotif

6 Cara Membuat Mobil Pick Up Tetap Kuat, Tangguh, & Irit

Ekawan Raharja • 27 Oktober 2021 11:00
Jakarta: Sejumlah mobil pikap (mobil pick up) ditawarkan oleh produsen mobil di Indonesia dengan mengedepankan nilai-nilai kekuat, tangguh, irit, dan biaya perawatannya yang sangat terjangkau untuk mendukung berbagai macam usaha. Seluruh keunggulan yang ditawarkan mobil pick up ini bisa terus dipertahankan dan terus optimal dalam waktu yang lama apabila pemilik mobil melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan secara rutin.
 
PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, menjelaskan pemeriksaan dan perawatan rutin menjadi langkah pertama untuk menjaga kondisi mobil pick up tetap prima dan mencegah kerusakan berbagai komponen sedari dini. Pemeriksaan dan perawatan mandiri bisa dilakukan di rumah, lokasi kerja, atau tempat lainnya dan mudah untuk dilakukan untuk mengecek kondisi secara cepat.
 
“Kami mengimbau kepada para pemilik kendaraan DFSK untuk rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan mandiri untuk menjaga kondisi kendaraan dan melakukan perawatan mandiri secara sederhana. Keberadaan kendaraan pick up tentu sangat penting untuk keberlangsungan bisnis konsumen kami, sehingga kondisinya harus terus dijaga dalam kondisi prima agar terus menghasilkan keuntungan yang semakin besar,” ungkap Achmad Rofiqi.
 
Ahmad Rofiqi kemudian memberikan panduan kepada para pemilik kendaraan pick up untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan secara mandiri yang bisa dilakukan setiap saat:
 

1. Mengecek Kondisi Ban

Ban menjadi komponen utama yang harus di cek setiap hari sebelum memulai perjalanan bersama. Hal yang pertama harus diperhatikan adalah tekanan anginnya dan pastikan ban tidak mengalami kebocoran. Kemudian setiap 1 minggu sekali, pemilik mobil sebaiknya melakukan pengisian tekanan angin sesuai dengan panduan yang tertera di pilar B pengemudi.
 
 
Kondisi ban yang kekurangan angin akan sangat berbahaya karena ada resiko ban lebih cepat rusak atau malah meletus apabila sedang membawa beban yang sangat berat. Selain itu, ban yang kekurangan angin juga akan menghambat gulir roda dan berefek kepada konsumsi bahan bakar menjadi boros.
 
Selain itu, di cek juga kondisi kembangan ban apakah masih tebal atau sudah mulai habis (botak). Cara untuk mengecek kembangan ban ini bisa dilihat dari TWI (tread wear indicator) untuk membantu dalam memeriksa ketebalan tapak ban. Apabila ban sudah mulai botak, segera diganti dengan yang baru karena ban yang sudah habis sangat minim traksi di jalan dan berbahaya apabila terus digunakan.
 

2. Mengecek Kondisi Body & Bak

Mengecek kondisi body dan bak bisa dilakukan dengan mudah karena tampak secara kasat mata. Pastikan tidak ada bagian cat yang terkelupas karena apabila dibiarkan begitu saja maka lama-kelamaan bisa menyebabkan karatan serta akhirnya beresiko body menjadi bolong.
 
Alangkah lebih baiknya, mobil dicuci secara berkala, terlebih setelah membawa berbagai macam barang atau ketika musim penghujan. Air hujan juga harus segera dibersihkan karena asam yang terkandung di dalamnya sangat tidak bersahabat bagi body mobil.
 
3. Membersihkan Interior
Selalu bersihkan interior karena kebersihan ini dapat menjaga kabin dari resiko kerusakkan. Selain itu, kabin yang bersih juga membuat perjalanan menyenangkan serta tidak mengganggu perjalanan.
 
 

4. Selalu Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Perawatan sederhana yang kadang tidak dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan. Efeknya tentu akan membuat umur mesin tidak panjang dan efisiensi bahan bakar tidak didapatkan.
 

5. Jangan Membawa Beban Secara Berlebihan

Membawa beban di bak secara berlebihan sangat berbahaya bagi seluruh pihak, membuat mobil menjadi tidak stabil dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Selain itu, kondisi kendaraan over load over dimension (ODOL) dilarang di jalan raya dan bisa saja dihentikan di perjalanan membuat waktu tempuh semakin lama dan ada denda tilang yang harus dibayarkan.
 

6. Rutin Melakukan Servis Berkala Di Bengkel Resmi DFSK

Perawatan terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan servis kendaraan ke bengkel resmi secara rutin. Pemilik DFSK Super Cab bisa datang ke bengkel resmi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan jadwal yang tercantum di buku panduan kendaraan.
 
(ERA)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif