Ilustrasi bermain hp saat berkendara. NTMC Polri
Ilustrasi bermain hp saat berkendara. NTMC Polri

Safety Riding

Ini Alasan Kenapa Dilarang Main HP Saat Berkendara

Ekawan Raharja • 25 Juni 2022 09:00
Jakarta: Para pengemudi mobil atau pengendara sepeda motor dilarang untuk menggunakan ponsel (hp) kala di tengah perjalanan. Larangan ini diberlakukan demi keselamatan diri sendiri serta para pengguna jalan lainnya.
 
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam, mengingatkan agar pengemudi tidak bermain ponsel pada saat mengemudi karena dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara.
 
“Masyarakat pengguna jalan khususnya pengemudi bahwa saat mengemudi dilarang melakukan kegiatan lain yang bisa menyebabkan gangguan konsentrasi salah satunya yaitu menggunakan ponsel karena dengan menggunakan ponsel maka dapat mempengaruhi waktu reaksi manusia,” kata Jamal dikutip dari NTMC Polri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Jamal, dimana waktu reaksi manusia itu sekitar 1-2 detik untuk memproses informasi dan memutuskan suatu reaksi atau tindakan. Maka dengan demikian penggunaan ponsel pada saat mengemudi sangat berbahaya bagi keselamatan dirinya maupun pengendara lainnya.
 
“Sebagai contoh dibutuhkan waktu sekitar 1 detik untuk memproses informasi dari mata yang melihat mobil yang mengerem di depan kita sampai otak memutuskan untuk melakukan pengereman,” papar Jamal.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif