Lintasan kotor Mandalika banjir kritikan pembalap MotoGP. Foto: MotoGP
Lintasan kotor Mandalika banjir kritikan pembalap MotoGP. Foto: MotoGP

Kenapa Aspal Mandalika Tidak Bermasalah saat WSBK? Ini Penjelasannya

Adri Prima • 16 Februari 2022 16:53
Jakarta: Kondisi lintasan Sirkuit Mandalika menjadi perbincangan karena ramai dikeluhkan oleh para pembalap MotoGP saat menjalani tes pramusim akhir pekan lalu.
 
Bahkan media asing terus menggoreng lintasan kotor Sirkuit Mandalika yang dinilai berbahaya. Pembalap tidak bisa tampil maksimal saat balapan karena banyaknya kerikil yang beterbangan dari motor di depannya. 
 
Kerikil-kerikil tersebut terasa seperti peluru yang bisa melukai tubuh pembalap di belakang. "Tidak mungkin menggelar balapan. Di racing line, motor di depan Anda melempar jutaan batu kerikil di setiap tikungan," tulisnya akun Twitter @wearetherace. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"MotoGP kembali ke Indonesia pekan ini, namun sekarang isu keamanan menjadi pertimbangan balapan perdana (Mandalika) bulan depan," lanjutnya. 
 
Tak hanya itu, @wearetherace juga membagikan foto lengan pembalap Ducati, Fransesco Bagnaia yang terluka akibat kerikil yang menerjang saat tes pramusim di Sirkuit Mandalika. 
 
"Saya di belakang Franco dan menerima banyak pasir dan batu yang beterbangan, dan hanya ada Franco di depan, jadi bayangkan jika Anda di depan empat atau lima pembalap untuk banyak lap. Jujur saya setelah satu lap leher saja terluka, dan saya tahu jika bertahan di belakang seseorang untuk 10 lap, leher Anda akan tertinggal di trek," kata Bagnaia. 
 
Lebih lanjut mereka mengkonfirmasi bahwa pengaspalan ulang tidak akan mungkin dilakukan karena balapan MotoGP Mandalika akan berlangsung lima pekan lagi. Hal ini memaksa penyelenggara harus mencari solusi sementara. 
 
Mereka menyimpulkan konstruksi dan pemilihan jenis kerikil yang tidak sesuai standar menjadi penyebab utama aspal lintasan Mandalika bermasalah. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif