Ilustrasi mesin 155 cc dengan forged piston. Yamaha
Ilustrasi mesin 155 cc dengan forged piston. Yamaha

Teknologi Otomotif

Mengenal Teknologi Forged Piston Milik Yamaha

Ekawan Raharja • 08 Maret 2022 14:00
 
Pembuatan piston dari dulu sampai sekarang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Awalnya piston dibuat dari bahan aluminium padat lalu dicairkan lalu dicetak dalam sebuah cetakan lalu didinginkan. Jadilah piston dengan penyempurnaan dengan dihaluskan dan ditambah zat kimia lainnya yang membuat piston menjadi keras. 
 
Sedangkan saat ini dengan perkembangan zaman terdapat forged piston. Forged piston sendiri dibuat dengan cara ditempa. Sebelumnya benda padat dicairkan namun berbeda dengan forged piston bahan bakunya dari benda padat yang di press atau dipadatkan lagi.
 
Dengan pembuatan yang seperti demikian membuat forged piston mempunyai daya tahan yang lebih baik, kuat dan lebih awet daripada piston yang dicairkan. Dengan teknologi sepeda motor yang berkembang, dimana sebelumnya cc motor tidak besar, dan saat ini cc motor sudah lebih dari 100 cc dan 200 cc dan komponen di dalamnya pun harus kuat serta suhu mesin juga pasti lebih tinggi. Terlebih teknologi ini diadopsi dari MotoGP.
 
Dan oleh sebab itu, para insinyur menggunakan forged piston karena memiliki daya tahan lebih dari 50.000 km. Perusahaan menjamin garansi forged piston 50.000 km atau 5 tahun. Lalu untuk cara perawatan forged piston yaitu selalu rutin melakukan pergantian oli mesin sesuai buku pedoman pemilik.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan