suasana di dalam dealer TVS Jonggol. Autogear.id/Alun
suasana di dalam dealer TVS Jonggol. Autogear.id/Alun

Industri Otomotif

TVS Asah Kuku, Pertajam Varian Segmen Urban

Ekawan Raharja • 19 Juni 2022 10:00
Cileungsi: Bicara pasar otomotif roda dua, walaupun jumlahnya relatif sudah besar, namun sepertinya masih banyak ceruk pasar yang dapat diisi. Mengacu dari data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), pertumbuhan pasar sepeda motor pada tahun 2021 terdapat peningkatan penjualan sebesar 38 persen, yaitu berada di angka 5.057.516 unit sepanjang tahun 2021, dibandingkan dengan tahun 2020 yang penjualannya berada di angka 3.660.616 unit.
 
Adapun ceruk pasar yang masih terbuka lebar untuk diisi antara lain pasar di segmen urban, pinggiran kota. Hal tersebut disadari pabrikan sepeda motor merek asal India, TVS, yang telah memiliki pabrik sendiri di daerah Karawang, Jawa Barat.
 
Produsen sepeda motor berlambang kuda merah melesat ini melihat titik-titik market cukup besar di area urban, seperti Bekasi dan Kabupaten Bogor. Dikatakan DGM Marketing PT TVS Motor Company Indonesia, Rizal Tandju, merasa merek mereka belum ada di daerah pinggiran tersebut dan harus hadir di sana.
 
Apalagi dilihat dari pasar kompetitor seperti pabrikan merek Jepang, market produsen pesaing tersebut yang tergolong besar juga berada di wilayah-wilayah Bekasi, Depok, Bogor, Cirebon dan sekitarnya. Maka pabrikan asal India ini melihat, dan berkesimpulan pasar yang besar juga berada di sana.
 
“Kemudian titik-titik selanjutnya bisa ditebak seperti daerah Depok, Kota Bogor sendiri dan daerah lainnya tadi. Tetapi intinya bukan sekadar menyasar kaum urban, tapi kami menutup jaringan seluas mungkin ke tempat-tempat dimana market cukup baik,” tutur Rizal di dealer TVS Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat seperti laporan dari Autogear.id
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif