Ilustrasi. Honda
Ilustrasi. Honda

Industri Otomotif

Wacana Motor 150 cc Bebas Pajak, Insentif PPnBM?

Otomotif PKS industri otomotif Pajak Kendaraan
Ekawan Raharja • 02 Juli 2021 11:00
Jakarta: Pemerintah sekarang ini sedang memberikan relaksasi pajak untuk mobil baru dengan mesin di bawah 1.500 cc. Setelah program tersebut berjalan, kini giliran isu sepeda motor mendapatkan relaksasi pajak mulai berkembang.
 
Wacana sepeda motor mendapatkan keringanan pajak ini diutarakan pertama kali oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui rapat Banggar penyampaian hasil panja RAPBN 2022. Anggota Komisi XI, Ecky Awal Mucharam, menyebutkan sejumlah hak mendapatkan relaksasi pajak, termasuk untuk sepeda motor.
 
"Kami mengusulkan agar para pengguna sepeda motor roda dua dengan cc rendah 150 cc ke bawah itu juga mendapatkan perhatian dengan diberikan relaksasi, tidak harus membayar pajak kendaraan motor roda dua," kata Ecky di siaran Youtube tersebut.
 
Sayangnya tidak disebutkan mengenai rincian mengenai relaksasi pajak tersebut. Wacana relaksasi pajak sepeda motor masih terlalu dini karena masih memerlukan pembahasan yang lebih mendalam.
 
Usulan ini juga sejalan dengan wacana yang pernah diutarakan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Syaikhu, yang sempat bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, pada Kamis ( 29-4-2021). Menurutnya insentif pajak bagi kendaraan roda dua menjadi salah satu solusi kebangkitan ekonomi setelah masyarakat dilanda Covid-19.
 
Halaman Selanjutnya
  "Maka PKS mengusulkan agar…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif