Mahfud MD dan Budi Karya Sumadi kampanye safety riding di Yogyakarta. Kementerian Perhubungan
Mahfud MD dan Budi Karya Sumadi kampanye safety riding di Yogyakarta. Kementerian Perhubungan

Safety Riding

3 Menteri Kampanye Safety Riding, Banyak yang Meninggal Di Jalan

Ekawan Raharja • 28 Agustus 2022 21:00

Yogyakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia, Mahfud MD, didampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, kompak mensosialisasikan kampanye keselamatan jalan (road safety campaign) tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, di Yogyakarta, Sabtu (27/8). Mereka menilai perlu menyuarakan keselamatan di jalan karena banyak manusia yang meninggal di jalanan.
 
Ketiga menteri mengingatkan para pengendara kendaraan bermotor, khususnya roda dua (sepeda motor), untuk memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara. Mengingat, mayoritas kecelakaan di jalan melibatkan pengendara sepeda motor.
 
“Saya mendukung kegiatan ini. Road safety campaign sangat penting bagi kita semua karena nyawa manusia yang terbunuh di jalan karena kecelakaan lalu lintas itu jauh lebih banyak dari korban Covid-19, dan jauh di atas rata-rata penyakit lain,” ungkap Mahfud MD melalui keterangan resminya.
 
Data Korlantas Polri menyebutkan pada tahun 2021 angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan data tahun 2020 yang sebanyak 100.028 kasus. Tercatat sebanyak korban meninggal dunia sebanyak 25.266 korban jiwa, luka berat berjumlah 10.553 orang, luka ringan berjumlah 117.913 orang, dengan kerugian materi mencapai Rp 246 miliar.
 
Pada kesempatan yang sama, Budi Karya Sumadi memaparkan sekitar 73 persen kecelakaan di jalan melibatkan sepeda motor. Bahkan generasi muda perlu mendapatkan kampanye ini lebih intensif karena mereka yang paling banyak mengalami kecelakaan.


 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif