Toyota Rangga dimodifikasi Fitra Eri jadi “GR Rangga” berperforma tinggi namun tetap nyaman untuk harian. Toyota
Toyota Rangga dimodifikasi Fitra Eri jadi “GR Rangga” berperforma tinggi namun tetap nyaman untuk harian. Toyota

Toyota Rangga Versi Fitra Eri, Pick-Up Pekerja Rasa Mobil Hobi

Ekawan Raharja • 21 Oktober 2025 08:27
BSD City: Toyota Rangga tampil dengan wajah baru yang lebih sporty dan fungsional. Tidak lagi sekadar mobil pekerja, unit Rangga diesel matic berperforma tangguh itu dimodifikasi menjadi mobil hobi yang tetap nyaman digunakan sehari-hari.
 
Proyek ini diprakarsai oleh Fitra Eri dan diberi julukan “GR Rangga”, dengan hasil karya yang diperkenalkan di Indonesia Modification Expo (IMX) 2025 yang berlangsung 10–12 Oktober 2025 di ICE BSD, Tangerang. Mobil ini hadir untuk membuktikan bahwa kendaraan pick-up bisa tampil gaya tanpa kehilangan fungsinya.
 
“Kami menunjukkan sebuah Rangga itu bukan hanya mobil pekerja, tetapi seperti mobil hobi. Makanya ada beberapa modifikasi, tapi modifikasinya itu nggak yang berlebihan karena mobil ini nantinya akan dipakai setiap hari,” ujar Fitra Eri melalui keterangan resminya.

Berbasis varian diesel matic tertinggi, Rangga sudah dikenal dengan torsi melimpah. Fitra Eri berkolaborasi dengan SS Performance Shop Bandung untuk meningkatkan performa mesin tanpa mengganti komponen internal.

Baca Juga:
SUV Modular, Cocokkah untuk Pasar Indonesia?


“Kita bikin mesinnya masih mesin standar internal, tidak ada yang diganti. Tapi ada sejumlah penggantian peranti lain, seperti turbo, exhaust, dan penambahan piggyback serta intake-nya,” jelas Fitra Eri.
 
Hasilnya tenaga meningkat dua kali lipat dari standar 149 PS menjadi 300 PS, dengan torsi mencapai lebih dari 500 Nm. Meski performanya naik signifikan, konsumsi bahan bakar dan emisi tetap efisien.
 
“Konsep mesinnya smooth plus performance. Performa jauh meningkat, tetapi secara emisi dan pembakaran tetap sempurna,” ungkapnya.
 
Karena difungsikan ganda, sebagai kendaraan angkut sekaligus mobil track day, suspensi standar diganti menjadi air suspension sehingga memungkinkan pengendara menyesuaikan ketinggian kendaraan sesuai kebutuhan. Untuk mendukung performa pengereman, digunakan big brake kit AP Racing yang dikombinasikan dengan pelek 18 inci.

Baca Juga:
Next-Gen Volt-Dragon Charger, Ngecas 5 Menit Bisa Jalan 500 KM?


Pada sisi eksterior, bak standar Hilux dilengkapi penutup keras (hard cover) dengan sistem pegas dan pengunci yang menyatu dengan kontur bodi. Bumper depan dan body kit dirancang lebih agresif namun tetap aman bagi pengguna jalan lain.
 
“Body kit ini bukan hanya cuma memperindah mobilnya, tapi juga dibuat bagian samping dari bak itu tertutup. Jadi lebih aman ke pengendara lain, misal motor atau apa. Lebih sulit untuk masuk ke kolong mobilnya,” terang Fitra Eri.
 
Interior juga mendapat sentuhan racing dengan kursi Gazoo Racing (GR) dan safety belt lima titik. Di dalam kabin ditambahkan sejumlah meteran tambahan seperti turbo boost dan tekanan air suspension, sementara sistem pencahayaan dibuat lebih terang tanpa mengubah konfigurasi lampu.
 
Proyek ini dikerjakan dengan kolaborasi sejumlah bengkel spesialis otomotif, seperti SS Performance Shop Bandung untuk mesin, Yoong Motor untuk lampu, serta Akasia Motor untuk body kit dan bak. Mobil hasil modifikasi ini bukan hanya untuk pameran, tetapi juga akan digunakan harian dan bahkan akan diuji pada ajang time attack di Sirkuit Mandalika pada November 2025 mendatang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan