GIIAS Semarang 2022 resmi dibuka, ini jadi momentum pemerintah daerah untuk melecut penjualan kendaraan di Jawa Tengah. Medcom-Uda
GIIAS Semarang 2022 resmi dibuka, ini jadi momentum pemerintah daerah untuk melecut penjualan kendaraan di Jawa Tengah. Medcom-Uda

GIIAS Semarang Resmi Dibuka, Jateng Siap Gaspol Industri Otomotif!

Ahmad Garuda • 23 November 2022 11:36
Pagelaran pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Semarang, akhirnya resmi dibuka pada hari ini Rabu (23/11/2022). Pameran otomotif ini jadi rangkaian penutup dari 4 seri tahun ini. Event ini bakal hadir selama lima hari pada 23-27 November 2022 di Marina Convention Center.
 
Uniknya, di seri pamungkas ini menjadi showcase beberapa mobil yang baru saja diluncurkan di Jakarta sejak November 2022. Di antaranya ada Honda WR-V dan paling fenomenal adalah debut pameran perdana Toyota bZ4X yang meluncur dua pekan lalu dan All New Kijang Innova Zenix dua hari lalu. Ketiga mobil ini langsung bisa dieksplorasi oleh pengunjung pameran dan ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi masyarakat Jawa Tengah.
 
"Kehadiran GIIAS Semarang bukan tanpa alasan, pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8% dari distribusi secara nasional. Saat ini Jawa Tengah berada di posisi 4 dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia periode 2018-2021, catatan tersebut menjadikan Semarang menjadi kota yang sangat potensial untuk pertumbuhan industri otomotif," ujar Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi dalam sambutan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menegaskan bahwa mereka siap membantu pemerintah daerah dalam hal melecut perkembangan dan pendapatan daerah di Jawa Tengah dari sisi otomotif nasional. Mengingat kontribusi wilayah ini buat perkembangan otomotif nasional cukup tinggi. 
 
Baca Juga:
Tuas Rem Parkir Menuju Kepunahan?

 
Hal ini juga diakui langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno SE, MM dalam sambutannya. Ia merasa sangat bersyukur lantaran industri otomotif akhirnya mampir di Jawa Tengah. Ia mengisahkan bahwa mengajak industri untuk berinvestasi di Jawa Tengah itu agak sulit. 
 
"Selama ini GIIAS hanya melewati Jawa Tengah saja, langsung diselenggarakan di Surabaya. Namun hari ini jadi momentum kegirangan kami karena akhirnya GIIAS mampir di Semarang. Ini menjadi langkah besar bagi kami karena pendapatan daerah kami sebagian besar diambil dari pajak kendaraan bermotor. Nah, karena sudah ada pameran otomotif di sini, tentu kami punya komitmen besar untuk tetap menjaga agar industri otomotif lebih hidup lagi di Jawa Tengah," ujar Sumarno.
 
Sumarno mewakili Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir di sini, juga menegaskan bahwa mereka punya komitmen tinggi untuk mempermudah perizinan di Jawa Tengah. Tujuannya jelas untuk membuat pertumbuhan bisnis sektor ini bisa lebih cepat. 
 
Pengunjung dapat mencoba berbagai kendaraan dengan teknologi terkini pada jalur test drive dan test ride yang lebih panjang daripada seluruh penyelenggaraan rangkaian pameran ini. Jalur test drive dan test ride mencapai jarak 2 kilometer, yang dimulai dari Marina Convention Center hingga Jalan Marina Raya. 
 
Baca Juga:
Suzuki Avenis 125 Buatan India, Servisnya Bagaimana?

 
GIIAS Semarang 2022 akan dibuka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB pada hari kerja dan pukul 10.00 – 21.00 WIB pada akhir pekan. Tiket masuk akan dijual secara langsung sepanjang pameran dengan harga Rp15.000 pada hari kerja dan Rp20.000 pada akhir pekan.
 
(UDA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif