Tuas rem parkir di Hyundai Stargazer. Hyundai
Tuas rem parkir di Hyundai Stargazer. Hyundai

Teknologi Otomotif

Tuas Rem Parkir Menuju Kepunahan?

Ekawan Raharja • 23 November 2022 11:00
London: Sejumlah mobil-mobil baru yang diluncurkan sudah tidak menggunakan tuas rem parkir (atau kadang orang mengenalinya dengan rem tangan). Hal ini membuat fitur rem parkir hidrolik dengan tuas semakin tidak populer dan mulai ditinggalkan.
 
Riset yang dilakukan oleh CarGurus, situs otomotif di Inggris, menjelaskan penggunaan tuas rem parkir kini mulai dignatikan oleh rem parkir elektronik. Bahkan berdasarkan hasil riset, hanya 24 persen mobil yang dijual di Inggris yang masih menggunakan tuas rem parkir.
 
CarGurus kemudian melakukan survey ke Alfa Romeo, DS, Honda, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mercedes, Porsche, dan Volvo dengan hasil tidak ada lagi yang mengadopsi tuas rem tangan. Sejumlah mobil yang cukup populer, seperti BMW Seri-1 dan Seri 3, Nissan Juke, atau Peugeot 208 sudah tidak menggunakan tuas rem parkir sejak tahun lalu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya sedikit produsen mobil yang masih mempertahankan tuas rem parkir di konsol tengah. Misalkan Dacia masih menawarkan di semua lini produknya.
 
Sejauh ini, produsen otomotif sudah menggantinya dengan rem parkir elektrik. Selain itu, ada yang mengadopsi rem parkir di kaki.
 
Tentu saja penggunaan pergantian dari rem parkir manual menjadi model elektrik tidak sepenuhnya diterima para pengemudi. Bagi kaum tradisional, penggunaan rem parkir elektronik menyebabkan sensasi berkendara taktis mulai menghilang, penggunaan tuas rem yangan juga dinilai lebih sederhana dan interaktif, sebagai fitur yang nyaman dan aman, serta dirasa lebih aman.
 
Tetapi bagi desainer, penggunaan rem parkir elektrik membuat kabin lebih lega karena tidak adanya tuas di konsol tengah. Sehingga pengaturan interior bisa lebih fleksibel.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif