Produksi ban Achilles.
Produksi ban Achilles.

Industri Otomotif

Ekspor Achilles Di Stop, Diganti BFGoodrich & Uniroyal

Ekawan Raharja • 18 Agustus 2022 20:01
Jakarta: Michelin Indonesia mengumumkan secara resmi menghentikan sepenuhnya ekspor ban mobil penumpang merek Achilles pada 2022. Pada saat yang sama perusahaan asal Perancis ini meningkatkan volume produksi ban mobil penumpang merek BFGoodrich dan Uniroyal.
 
Presiden Direktur Michelin Indonesia, Steven Vette, menjelaskan peningkatan volume produksi kedua merek ban diharapkan turut meningkatkan kontribusi ekspor pada sektor ini. Dia juga menyatakan langkah ini sejalan dengan rencana strategis di Indonesia paska akuisisi PT Multistrada Arah Sarana pada 2019.
 
“Setelah akuisisi, kami mengubah fasilitas pabrik dari produksi ban TIER 3 menjadi TIER 2 melalui alih teknologi yang dimiliki Michelin. Lalu secara bertahap kami memindahkan pusat produksi ban mobil penumpang TIER 2 dari beberapa pabrik di negara Asia dan Eropa ke Indonesia,” kata Steven melalui siaran pers.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui langkah ini, Indonesia menjadi salah satu dari tiga manufacturing hub utama di dunia untuk produksi ban mobil penumpang TIER 2 (BFGoodrich dan Uniroyal). Sampai saat ini, keseluruhan produksi ban keduanya dari pabrik di Indonesia diekspor, terutama ke negara-negara di Amerika Utara, Eropa dan Asia, serta menyumbangkan pendapatan ekspor utama di Indonesia.
 
Perusahaan secara bertahap mulai mengurangi ekspor ban mobil penumpang merek pada 2020. Sebagai gantinya, ban mobil penumpang merek BFGoodrich dan Uniroyal mulai diproduksi dan diekspor pada tahun yang sama dengan total volume awal mencapai 1,5 juta ban. Produksi dan ekspor keduanya meningkat lebih dari 200 persen menjadi lebih dari 4,6 juta ban pada 2021 dengan nilai ekspor lebih dari USD300 Juta.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif