Pameran otomotif GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) sukses jadi momen penjualan kendaraan di akhir tahun. SE
Pameran otomotif GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) sukses jadi momen penjualan kendaraan di akhir tahun. SE

Gokil! GAIKINDO Sukses Bikin Pasar Otomotif 2024, Menggeliat!

Ahmad Garuda • 02 Desember 2024 16:35
Jakarta – Pameran otomotif Mandiri Utama Finance GAIKINDO Jakarta Auto Week (MUF GJAW) 2024, yang diinisiasi oleh GAIKINDO bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, resmi berakhir pada Minggu, 1 Desember 2024. Event ini diklaim meriah dan sukses, catatkan capaian positif bagi seluruh peserta, pengunjung, dan industri otomotif Indonesia secara keseluruhan.
 
Sejak penyelenggaraannya, pameran mendapat dukungan penuh dari pemerintah, ditunjukkan langsung oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, yang membuka langsung gelaran MUF GJAW. Pada hari terakhir penyelenggaraan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, juga hadir dan berkunjung untuk memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara ini.
 
Event ini juga mendapatkan respon positif dari para peserta, yang menyatakan kepuasannya di lokasi baru yaitu ICE BSD City, dan waktu penyelenggaraan di akhir tahun menjadi pilihan waktu yang sangat tepat dan efektif. Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengungkapkan rasa puas dan bangga atas suksesnya pameran otomotif meski dengan nama Jakarta ini, 

“GAIKINDO sangat puas dengan suksesnya pameran ini sesuai dengan tujuan mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun. Pameran ini berhasil memberikan kesempatan bagi konsumen untuk melihat, mencoba, dan membeli kendaraan dengan berbagai penawaran menarik. Dan feedback dari peserta sangat luar biasa, hasil positif merata di seluruh peserta, Kami berharap hasil positif ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi industri otomotif Indonesia dan mendorong pertumbuhan penjualan yang lebih baik di penghujung tahun,” ujar Nangoi.  
 
Baca Juga:
Benarkah Bensin Bisa Berubah Jadi Lumpur? Ini Penjelasan Rifat Sungkar

 
Ia juga menambahkan bahwa dukungan penuh dari lembaga pembiayaan Mandiri Utama Finance sebagai main sponsor juga menjadi peran penting dalam mendorong pengunjung untuk bertransaksi sepanjang pameran berlangsung.

Magnet Para Pecinta Otomotif

Diikuti oleh lebih dari 80 merek dari industri otomotif yang terdiri dari terdiri dari 28 merek kendaraan penumpang dan komersial, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr serta Toyota Commercial.
 
Tak cukup sampai di situ, segmen kendaraan roda dua pun tak ingin ketinggalan. Sebanyak 14 merek, seperti Alva, Aprilia, Ducati, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Rakata, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT,  serta lebih dari 40 merek industri pendukung juga turut meramaikan MUF GJAW 2024.
 
Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, Rizwan Alamsjah menyatakan bahwa antusiasme pengunjung, luar biasa. Bahkan berhasil mencapai hampir dua kali jumlah pengunjung pada penyelenggaraan sebelumnya. 
 
“Semangat positif yang ditunjukkan selama MUF GJAW 2024 dengan berbagai promo dan kemudahan pembiayaan dari Mandiri Utama Finance sebagai sponsor utama, dan seluruh peserta hingga program-program seru yang dihadirkan, menjadi kombinasi luar biasa yang menarik kehadiran para pengunjung. Mulai dari hari pertama pembukaan pameran, hingga hari terakhir, animo pengunjung terlihat stabil naik, mencatat total 145.788 pengunjung hadir sepanjang penyelenggaraan MUF GJAW 2024,” ungkap Rizwan.
 
Baca Juga:
Apa Itu Aquaplaning? Ini Pengertian, Tanda-tanda dan Tips Aman Mengemudi Mobil saat Hujan

 
Rizwan menambahkan, meski saat ini proses pengumpulan data transaksi masih berjalan, GAIKINDO meyakini capaian transaksi yang terjadi selama pameran berlangsung juga sangat positif, pasalnya para peserta menyampaikan rasa puas karena transaksi tercatat memenuhi ekspektasi mereka. “Kami optimis hasil transaksi juga akan sangat baik, hampir seluruh peserta menyampaikan transaksi dicatat memenuhi ekspektasi dan target yang dibuat.”
 
Selain itu program test drive dan test ride yang dibuat mumpuni dengan ketersediaan unit kendaraan yang sangat banyak, tentunya memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung dalam mencoba kendaraan yang mereka minati sebelum memutuskan untuk membeli. Selama sepuluh hari penyelenggaraan, tercatat total lebih dari 10.000 trip pengunjung yang mencoba kendaraan test drive.
 
Rangkaian acara menarik lainnya juga menjadi daya tarik utama pengunjung. Selama penyelenggaraan, berbagai kegiatan komunitas otomotif, seperti parade 1000 mobil, MUF GJAW Underground Meet Up, hingga kontes modifikasi, berhasil mengundang total lebih dari 5000 peserta dari ratusan komunitas otomotif. 
 
Tak hanya itu, kegiatan motorsport yang dihadirkan sejak hari pertama hingga terakhir juga menunjukkan antusiasme tinggi dari pengunjung, dengan banyak peserta yang mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan.  Kegiatan untuk keluarga juga tak kalah menarik perhatian. Sejak dibuka pendaftaran, program-program seperti push bike competition, drift and offroad competition hingga paper art craft competition langsung dipenuhi oleh para peserta yang ingin menikmati keseruan acara bersama keluarga.
 
Berdasarkan berbagai capaian positif yang diterima, GAIKINDO menetapkan bahwa GJAW 2025 akan kembali diselenggarakan pada penghujung tahun depan, di lokasi yang sama, yaitu ICE BSD City, tentunya dengan berbagai perbaikan positif serta inovasi untuk terus memberikan dampak positif bagi industri otomotif dan ekonomi Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan