Jakarta: Toyota kembali mengumumkan program recall untuk konsumen di Indonesia. Setelah di awal tahun mengumumkan recall untuk bZ4X, kini mereka menambah 5 model lainnya untuk segera mendatangi bengkel resmi.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebut program recall kali ini untuk model Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Program recall ini kembali diadakan untuk dilakukan perbaikan, merupakan hal yang umum, dan menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjamin kualitas produk yang dipasarkan serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.
"Recall mungkin terdengar negatif bagi sebagian orang, namun Toyota melihatnya sebagai bentuk kaizen (continuous improvement) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki customer. Meskipun sudah beberapa tahun di tangan pelanggan, ketika ditemukan adanya ketidaksesuaian dari produk yang telah dipasarkan ke masyarakat, terutama yang berkaitan pada safety, Toyota akan segera melakukan perbaikan yang dibutuhkan," ungkap Henry Tanoto melalui keterangan resminya.
Perbaikan Front Garnish Pillar Clip untuk Sienta
Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020 dilengkapi Front Garnish Pillar yang dipasang ke pilar depan atau pilar A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin yang dimanfaatkan untuk menutup lubang klip. Karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal dalam menahan air, seiring waktu Front Garnish Pillar akan mengalami kebocoran sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.
Kalau sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting, sehingga menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat. Selain itu, pintu geser elektrik Sienta dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapapun sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan menciderai penumpang.
Bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan dan penggantian Front Garnish Pillar Clip pada pilar A untuk mengembalikan daya tahannya dalam menahan rembesan air. Langkah ini semakin penting karena sekarang sudah memasuki musim hujan.
Teknisi dengan sertifikat Toyota global juga akan melakukan pengecekan apakah kebocoran sudah terjadi dengan menelusurinya hingga ke kotak sambungan listrik, dan melakukan Reprogramming pada ECU PSD (Power Sliding Door) jika kendaraannya dilengkapi fitur tersebut. Durasi pengerjaan sekitar 2–3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.
Perbaikan Front Door Side Impact Beam Toyota Avanza dan Veloz
Avanza dan Veloz produksi November 2022 dilengkapi fitur Side Door Beam di seluruh pintu samping untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cidera saat ditabrak mobil lain atau mengenai obyek seperti pohon dari samping. Pihak pabrikan menemukan pengelasan Side Door Beam sisi depan sebelah kanan atau posisi sopir ternyata kurang tepat atau kurang sempurna.
Kondisi ini kemungkinan akan membuat kekuatan pengelasan menjadi tidak mencukupi ketika dibutuhkan di situasi darurat. Jika Avanza dan Veloz dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping. Dalam kasus terburuk, ada potensi Front Door Side Impact Beam tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan cidera serius pada pengemudi.
Bengkel resmi akan melakukan penambahan bracket penguat dan titik las pada Side Door Impact Beam pintu depan kanan. Meskipun terdapat penambahan parts dan titik las, pelanggan tidak perlu khawatir karena proses pengerjaan dilakukan oleh teknisi bengkel resmi yang sudah tersertifikasi sehingga dapat melakukan tugasnya dengan baik dan berkualitas.
Mengingat pekerjaan yang dilakukan cukup banyak, maka durasi pengerjaan sekitar 3-4 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.
Perbaikan Front Shock Absorber Nut Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross
Setiap mobil memiliki komponen suspensi seperti shock absorber untuk meredam guncangan saat mobil melaju di jalan. Para insinyur menemukan instruksi pengencangan Front Suspension Nut atau mur suspensi depan bagian atas pada Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross, ternyata kurang tepat atau kurang sempurna di mana torsi pengencangan mur mungkin tidak mencukupi untuk menjaga kekuatannya.
Akibatnya kalau kendaraan dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, mur dapat menjadi kendur sehingga menimbulkan kebisingan yang tidak normal dan mengganggu penumpang. Dalam situasi terburuk, mur dapat terlepas sehingga mengakibatkan hilangnya kestabilan kendaraan. Tentu akan berbahaya karena shock absorber depan bisa terlepas dari dudukannya dan mengakibatkan kecelakaan saat mobil melaju kencang.
Bengkel resmi akan melakukan penambahan torsi kekencangan pada mur pengunci shock absorber depan dan atau mengganti beberapa komponen terkait jika diperlukan. Durasi pengerjaan sekitar 30 menit, tergantung dengan pemeriksan, di luar menunggu antrian dan proses administrasi. Khusus untuk perbaikan Front Shock Absorber Nut akan dilakukan secara bertahap.
Pelanggan disarankan agar melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi dapat mempersiapkan stall, teknisi, tools, dan parts pengganti. Selain tentunya memastikan pemilik kendaraan yang mendapatkan pemanggilan, tidak perlu menunggu antrian terlalu lama karena sudah mendapatkan jadwal sesuai keinginannya. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
Jakarta: Toyota kembali mengumumkan program
recall untuk konsumen di Indonesia. Setelah di awal tahun mengumumkan recall untuk bZ4X, kini mereka menambah 5 model lainnya untuk segera mendatangi bengkel resmi.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebut program recall kali ini untuk model Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Program recall ini kembali diadakan untuk dilakukan perbaikan, merupakan hal yang umum, dan menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjamin kualitas produk yang dipasarkan serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.
"Recall mungkin terdengar negatif bagi sebagian orang, namun Toyota melihatnya sebagai bentuk kaizen (continuous improvement) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki customer. Meskipun sudah beberapa tahun di tangan pelanggan, ketika ditemukan adanya ketidaksesuaian dari produk yang telah dipasarkan ke masyarakat, terutama yang berkaitan pada safety, Toyota akan segera melakukan perbaikan yang dibutuhkan," ungkap Henry Tanoto melalui keterangan resminya.
Perbaikan Front Garnish Pillar Clip untuk Sienta
Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020 dilengkapi Front Garnish Pillar yang dipasang ke pilar depan atau pilar A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin yang dimanfaatkan untuk menutup lubang klip. Karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal dalam menahan air, seiring waktu Front Garnish Pillar akan mengalami kebocoran sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.
Kalau sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting, sehingga menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat. Selain itu, pintu geser elektrik Sienta dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapapun sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan menciderai penumpang.
Bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan dan penggantian Front Garnish Pillar Clip pada pilar A untuk mengembalikan daya tahannya dalam menahan rembesan air. Langkah ini semakin penting karena sekarang sudah memasuki musim hujan.
Teknisi dengan sertifikat Toyota global juga akan melakukan pengecekan apakah kebocoran sudah terjadi dengan menelusurinya hingga ke kotak sambungan listrik, dan melakukan Reprogramming pada ECU PSD (Power Sliding Door) jika kendaraannya dilengkapi fitur tersebut. Durasi pengerjaan sekitar 2–3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.
Perbaikan Front Door Side Impact Beam Toyota Avanza dan Veloz
Avanza dan Veloz produksi November 2022 dilengkapi fitur Side Door Beam di seluruh pintu samping untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cidera saat ditabrak mobil lain atau mengenai obyek seperti pohon dari samping. Pihak pabrikan menemukan pengelasan Side Door Beam sisi depan sebelah kanan atau posisi sopir ternyata kurang tepat atau kurang sempurna.
Kondisi ini kemungkinan akan membuat kekuatan pengelasan menjadi tidak mencukupi ketika dibutuhkan di situasi darurat. Jika Avanza dan Veloz dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping. Dalam kasus terburuk, ada potensi Front Door Side Impact Beam tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan cidera serius pada pengemudi.
Bengkel resmi akan melakukan penambahan bracket penguat dan titik las pada Side Door Impact Beam pintu depan kanan. Meskipun terdapat penambahan parts dan titik las, pelanggan tidak perlu khawatir karena proses pengerjaan dilakukan oleh teknisi bengkel resmi yang sudah tersertifikasi sehingga dapat melakukan tugasnya dengan baik dan berkualitas.
Mengingat pekerjaan yang dilakukan cukup banyak, maka durasi pengerjaan sekitar 3-4 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.
Perbaikan Front Shock Absorber Nut Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross
Setiap mobil memiliki komponen suspensi seperti shock absorber untuk meredam guncangan saat mobil melaju di jalan. Para insinyur menemukan instruksi pengencangan Front Suspension Nut atau mur suspensi depan bagian atas pada Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross, ternyata kurang tepat atau kurang sempurna di mana torsi pengencangan mur mungkin tidak mencukupi untuk menjaga kekuatannya.
Akibatnya kalau kendaraan dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, mur dapat menjadi kendur sehingga menimbulkan kebisingan yang tidak normal dan mengganggu penumpang. Dalam situasi terburuk, mur dapat terlepas sehingga mengakibatkan hilangnya kestabilan kendaraan. Tentu akan berbahaya karena shock absorber depan bisa terlepas dari dudukannya dan mengakibatkan kecelakaan saat mobil melaju kencang.
Bengkel resmi akan melakukan penambahan torsi kekencangan pada mur pengunci shock absorber depan dan atau mengganti beberapa komponen terkait jika diperlukan. Durasi pengerjaan sekitar 30 menit, tergantung dengan pemeriksan, di luar menunggu antrian dan proses administrasi. Khusus untuk perbaikan Front Shock Absorber Nut akan dilakukan secara bertahap.
Pelanggan disarankan agar melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi dapat mempersiapkan stall, teknisi, tools, dan parts pengganti. Selain tentunya memastikan pemilik kendaraan yang mendapatkan pemanggilan, tidak perlu menunggu antrian terlalu lama karena sudah mendapatkan jadwal sesuai keinginannya. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)