Tomohon: Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang dikenal oleh masyarakat, bersamaan dengan kembarannya Toyota Avanza. Sayangnya, distribusi mobil keluarga tersebut di mulai Mei 2022 sangat minim.
Data wholesale (pengiriman dari pabrik ke dealer) untuk Xenia dari Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hanya mencatatkan 60 unit saja. Jika dibandingkan dengan distribusi pada April 2022, turun hingga 95,5 persen atau berjumlah 1.333 unit.
Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menerangkan kondisi ini dikarenakan pabrik harus menyeimbangkan produksi setiap model yang dirakit di sana. Ia mengklaim penjualan retail (suplai diler ke konsumen) All New Xenia bulan lalu masih lebih dari 1.000 unit.
“Kami juga harus mengatur pembagian produksi di ADM (pabrik) supaya model-model lain yang dianggap membutuhkan suplai lebih tinggi. Harus dibagi ke sana,” ujar Hendrayadi di Tomohon, Sulawesi Utara.
Sebagai pembanding, distribusi Avanza ke dealer pada Mei 2022 sebanyak 1.766 unit berdasarkan data Gaikindo. Namun, Hendrayadi menolak mengomentari apakah Daihatsu bulan lalu memang harus mengutamakan Avanza ketimbang Xenia.
“Saya tidak bisa mengomentari Avanza,” pungkas dia.
Bicara penjualan retail, Xenia menjadi kontributor terbesar ketiga bagi Daihatsu sepanjang Januari-Mei 2022. Transaksi jual-beli kendaraan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini berjumlah 9.910 unit dan menyumbang 13,4 persen dari total penjualan merek asal Jepang tersebut selama lima bulan pertama 2022.
Keberadaan Xenia jelas sangat penting karena segmen LMPV menjadi salah satu segmen terseksi di Tanah Air, bersama dengan Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, dan tentunya Toyota Avanza. Selain itu, Hyundai juga akan masuk ke segmen ini dengan membawa Stargazer dalam waktu dekat.
“Saya tidak bisa mengomentari Avanza,” pungkas dia.
Bicara penjualan retail, Xenia menjadi kontributor terbesar ketiga bagi Daihatsu sepanjang Januari-Mei 2022. Transaksi jual-beli kendaraan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini berjumlah 9.910 unit dan menyumbang 13,4 persen dari total penjualan merek asal Jepang tersebut selama lima bulan pertama 2022.
Keberadaan Xenia jelas sangat penting karena segmen LMPV menjadi salah satu segmen terseksi di Tanah Air, bersama dengan Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, dan tentunya Toyota Avanza. Selain itu, Hyundai juga akan masuk ke segmen ini dengan membawa Stargazer dalam waktu dekat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)