Daihatsu Xenia. Daihatsu
Daihatsu Xenia. Daihatsu

Industri Otomotif

Waduh, Daihatsu Cuma Distribusikan 60 Unit Xenia Selama Mei 2022

Ekawan Raharja • 23 Juni 2022 10:00
Tomohon: Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang dikenal oleh masyarakat, bersamaan dengan kembarannya Toyota Avanza. Sayangnya, distribusi mobil keluarga tersebut di mulai Mei 2022 sangat minim.
 
Data wholesale (pengiriman dari pabrik ke dealer) untuk Xenia dari Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hanya mencatatkan 60 unit saja. Jika dibandingkan dengan distribusi pada April 2022, turun hingga 95,5 persen atau berjumlah 1.333 unit.
 
Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menerangkan kondisi ini dikarenakan pabrik harus menyeimbangkan produksi setiap model yang dirakit di sana. Ia mengklaim penjualan retail (suplai diler ke konsumen) All New Xenia bulan lalu masih lebih dari 1.000 unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami juga harus mengatur pembagian produksi di ADM (pabrik) supaya model-model lain yang dianggap membutuhkan suplai lebih tinggi. Harus dibagi ke sana,” ujar Hendrayadi di Tomohon, Sulawesi Utara.
 
Sebagai pembanding, distribusi Avanza ke dealer pada Mei 2022 sebanyak 1.766 unit berdasarkan data Gaikindo. Namun, Hendrayadi menolak mengomentari apakah Daihatsu bulan lalu memang harus mengutamakan Avanza ketimbang Xenia.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif