Kecelakaan maut di Balikpapan akibat truk mengalami rem blong. foto: ist
Kecelakaan maut di Balikpapan akibat truk mengalami rem blong. foto: ist

KNKT Beberkan Fakta-fakta Rem Blong Penyebab Kecelakaan Truk Maut Balikpapan

Adri Prima • 27 Januari 2022 20:16

"Pertama brake fading itu kampasnya panas. Ketika kampas panas jadi licin, roda tetap berputar di rem. Ketika saya tanya pengemudinya apa yang bapak rasakan? Saya bisa ngerem, tapi roda berputar. Contohnya kecelakaan bus Padma di Sumedang," terangnya.
 
"Yang kedua angin tekor, yang dirasakan pengemudi apa? Pedalnya (rem) keras, nggak bisa diinjak. Contohnya di mana? Kecelakaan bus Purnamasari, karena tekanan anginnya di bawah 6 bar." 
 
"Yang ketiga vapor lock, yaitu minyak remnya mendidih karena kandungan airnya dalam minyak rem sangat tinggi. Contohnya di Cikidang. Jadi ketika seorang ngerem berkali-kali di jalan menurun, itu akan menghadapi tiga itu," ungkap Achmad. 

Temuan KNKT terkait kecelakaan truk di Balikpapan


Menurut temuan KNKT, pengemudi truk maut di Balikpapan menggunakan gigi 4 saat masuk turunan.

"Meskipun setelah itu dia masuk gigi 3, saya tidak percaya. Karena saya pengemudi juga, saya assesor kompetensi pengemudi, jadi saya paham betapa sulitnya memindahkan gigi ketika di turunan dalam kondisi pedal kopling nggak bisa diinjak," terangnya. 
 
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan