Bagian belakang truk diberikan stiker reflektor agar terlihat oleh pengguna jalan lainnya di malam hari. Medcom.id/Ekawan Raharja
Bagian belakang truk diberikan stiker reflektor agar terlihat oleh pengguna jalan lainnya di malam hari. Medcom.id/Ekawan Raharja

Kendaraan Komersial

Stiker Reflektor Jadi Bagian Keselamatan Di Jalan Raya

Otomotif lalu lintas kecelakaan truk Kendaraan Komersial 3M
Ekawan Raharja • 24 September 2021 14:00
Jakarta: Kementerian Perhubungan terus mendorong kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas dan melengkapi kendaraan dengan standar-standar perlengkapan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Bagi para pengemudi angkutan barang juga diharapkan mematuhi spesifikasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah dan sudah mengenakan stiker reflektor untuk membantu perjalanan di malam hari.
 
Stiker reflektor ini memiliki fungsi memberikan tanda kepada pengguna jalan raya lainnya, khususnya malam hari, agar pengendara lain dapat mengetahui keberadaan truk di jalan. President Director PT 3M Indonesia, Sigit Priowaskito, menjelaskan mereka menyediakan stiker reflektor ini dan diharapkan bisa meningkatkan keselamatan berkendara.
 
"3M selalu berusaha untuk menyediakan produk yang lebih inovatif untuk membantu melindungi masyarakat, termasuk menjaga keselamatan pengemudi kendaraan angkutan barang dan pengguna jalan lainnya. Untuk mendukung hal tersebut, kami menciptakan produk yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di masing-masing industri, sehingga perusahaan dapat mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan yang terus berinovasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di setiap negara tempat 3M beroperasi, termasuk Indonesia,” ujar Sigit Priowaskito melalui keterangan resminya.
 
Sigit juga membeberkan hasil studi Institute for Road Safety Research SWOV pada 2015 menyatakan di Eropa sekitar 5.000 orang meninggal di jalan dalam kecelakaan yang melibatkan kendaraan berat, dan 75 persen dari kematian ini adalah penumpang kendaraan lain. Di Indonesia, dari data populasi truk sebanyak 4.3 persen dari total kendaraan berkontribusi 9 persen kecelakaan lalu lintas berdasarkan data BPS Statistik 2017 dan Korlantas 2018).
 
Kematian yang sebenarnya dapat dicegah ini terjadi karena pengemudi tidak dapat melihat dengan jelas bagian samping atau belakang truk atau truk gandeng pada malam hari. Dengan menambahkan stiker reflektif ke semua truk, trailer, dan kendaraan berat lainnya, kecelakaan di malam hari dapat dikurangi secara signifikan, dan nyawa dapat diselamatkan.
 
Halaman Selanjutnya
  Mereka juga sudah memiliki…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif