Platform GPS pelacak kendaraan yang ada sekarang, kini sudah berkembang dengna pesat, bukan hanya memiliki fungsi pelacakan saja. medcom-Uda
Platform GPS pelacak kendaraan yang ada sekarang, kini sudah berkembang dengna pesat, bukan hanya memiliki fungsi pelacakan saja. medcom-Uda

Multifungsi Platform GPS Pelacak Kendaraan, Lebih dari Sekadar Pelacak

Ahmad Garuda • 05 Agustus 2022 17:18
Platform GPS kendaraan hingga saat ini memang banyak dikembangkan ke arah yang bukan sekadar pelacak lagi. Namun lebih kepada fungsi yang lebih mendukung ke arah efisiensi operasional kendaraan. Sayangnya, tak semua platform GPS yang ada saat ini punya kemampuan untuk itu. 
 
Alasannya tentu karena platform yang tak mendukung pengoperasian big data yang biasanya dikirimkan oleh platform GPS ke sang pemilik device-nya. Menurut Founder dan CEO PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (STTI) produsen, Hartono Budiman, bahwa saat ini pengembangan dan riset GPS untuk kendaraan bukan hanya meliputi sistem pelacakan saja. 
 
"Perkembangan sistem pelacak kendaraan berbasis GPS di platform digital, kini kian memasuki tahap yang lebih expert. Bukan hanya melulu soal pelacakan kendaraan, membaca koordinat hingga mengirim data serta memberikan perintah engine cut-off. Namun lebih jauh bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan terkini yang menjadi standardisasi yang dibutuhkan pengusaha transportasi bahkan untuk kebutuhan efisiensi," ujar Hartono di sebuah Hotel In Out di Jakarta Barat pada Jumat (5/7/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:
Selain Mencegah Sinar UV, Kaca Film Mobil Mengurangi Risiko Kanker Kulit

 
Platform yang mereka riset ini pun tentu berdasarkan kondisi dan kebutuhan yang ada saat ini. Mengingat banyak pemilik bisnis kendaraan transportasi hingga ekspedisi ingin melakukan efisiensi besar-besaran, termasuk dengan cara mengetahui apa saja yang terjadi dengan kendaraan mereka. 
 
"Saat ini START memiliki 3 jenis produk, yaitu platform START GPS untuk memonitor kendaraan, Start Center sebagai layanan purna jual, serta Start Assist, layanan emergency road assistant bagi pelanggan produk START. Adapun fitur-fitur yg terdapat di Start GPS versi 2.0 ini antara lain Journey Replay sebuah fitur kilas balik perjalanan kendaraan. Kemudian Measurement yang berguna untuk pengukuran area," lanjut Business Process Manager STARTGPS, Irma Purnamasari.
 
Ia melanjutkan bahwa fitur lain yang tak kalah menark adalah POI yang bertujuan untuk menandai area penting pada maps, lalu Geofence untuk pembatasan kendaraan pada suatu area tertentu, lalu reporting laporan aktifitas kendaraan. Terdapat 25 tipe reporting di aplikasi terbaru ini, juga flexibilitas penyimpanan data serta visual report.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif