Ban Goodyear Assurance Triplemax 2 dibuat khusus untuk mobil penumpang. Medcom/ A. Harry Budiawan
Ban Goodyear Assurance Triplemax 2 dibuat khusus untuk mobil penumpang. Medcom/ A. Harry Budiawan

Komponen Aftermarket

Uji Daya 'Gigit' Goodyear ATM2

Otomotif ban mobil
Ainto Harry Budiawan • 26 September 2018 14:40
Jakarta: Ban jadi salah satu komponen penting di mobil. Pengendalian kendaraan bertumpu di keempat roda, sehingga punya peran yang sangat vital. Pabrikan ban pun banyak menghadirkan karet hitam yang sesuai kebutuhan.
 
Tentu yang paling banyak diproduksi adalah ban untuk mobil penumpang. Salah satunya adalah Goodyear Assurance Triplemax 2 (ATM2) yang akhir Agustus 2018 lalu dikenalkan, khusus untuk mobil penumpang baik sedan, wagon, MPV, SUV dan hatchback.
 
Kami pun mendapat kesempatan untuk mengujinya di mobil hatchback Honda Jazz keluaran 2010, yang biasa dipakai untuk harian. Ukuran ban yang digunakan 185/65-15. Untuk informasi saja, ban ATM2 ini tersedia untuk lingkar 14 inci hingga 17 inci.
Uji Daya 'Gigit' Goodyear ATM2
Usai melakukan proses pasang dilanjutkan balancing dan spooring di bengkel Aneka Motor, Bogor kami langsung merasakan perbedaannya sejak awal. Semakin sering digunakan, pengendalian ban terasa lebih menggigit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kami pun sempat beberapa kali berkendara di tengah hujan, yang mulai sering turun. Hampir tak ada bedanya pengendalian saat jalanan basah, atau pun kering. Disebutkan Arfianti Puspitarini, Consumer Product & Trade Marketing Manager Goodyear Indonesia, ini karena teknologi hydrotred.
Uji Daya 'Gigit' Goodyear ATM2
Ban ini punya kandungan silica dan resin perekat yang lebih baik dari ATM generasi awal, untuk memaksimalkan daya cengkeram dan pengereman saat jalan basah. "Ban ini jadi solusi saat musim penghujan," katanya beberapa waktu lalu.
 
Secara teknologi, ATM2 mengusung pola tapak ban asimetris, yang mana antara sisi dalam dan sisi dalam pula bentuk tapak berbeda. Secara umum, tapak asimetris punya keunggulan dalam hal daya cengkeram dan road noise yang lebih rendah. Soal tapak ban, bisa baca disini.
 
Road noise juga diminimalkan dengan alur lateral sempit, sehingga udara yang terperangkap lebih sedikit. Kemudian garis-garis pitch dan inducing edges, semakin membantu mereduksi suara yang masuk kedalam kabin.
Uji Daya 'Gigit' Goodyear ATM2
Hal ini terbukti saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, suara yang masuk masih terdengar nyaman di telinga. Begitu pula saat jalanan basah, tak ada rasa khawatir berlebih meski mobil masih melaju dalam kecepatan relatif tinggi.
 
Yang menarik, Goodyear memberikan garansi satu tahun untuk ban ini dengan syarat minimal pembelian sepasang ban. Kerusakan seperti sobek, pecah, bocor dinding hingga benjol akan digantikan dengan ban yang baru. Anda bisa membacanya soal garansi itu disini. 
 
Soal harga, ATM2 dibanderol mulai dari Rp550 ribu hingga Rp1,1 juta tergantung tipe. Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif dibandingkan rival lainnya seperti Dunlop, Bridgestone, GT Radial, Hankook bahkan Michelin, apalagi garansi yang diberikan bisa jadi nilai plus tersendiri.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif