Presiden Jokowi mencoba Mitsubishi Minicab MiEV. Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas
Presiden Jokowi mencoba Mitsubishi Minicab MiEV. Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

Mobil Listrik

Jokowi Test Drive Mitsubishi Minicab MiEV, Cek Harganya

Ekawan Raharja • 18 November 2021 18:00
Tangerang Selatan: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan kunjungan ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada Rabu (17/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Di kesempatan kali ini, dia melakukan test drive 1 unit mobil listrik unik dengan ukuran sangat mungil.
 
Presiden Jokowi dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, juga menjajal mengendarai Mitsubishi Minicab MiEV. Mobil ini termasuk ke dalam kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.
 
Secara dimensi, mobil ini tergolong cukup mungil dengan panjang 3.395mm, lebar 1.475mm, dan tinggi 1.810mm. Jarak sumbu rodanya 2.390 mm dan Minicab MiEV ini menggunakan sistem penggerak roda depan.
 
Jokowi Test Drive Mitsubishi Minicab MiEV, Cek Harganya
 
Performa Minicab MiEV dibekali daya listrik sebesar 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V, cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan. Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga maksimal 30 kW atau setara 41 PS @ 2.500 - 6.000 rpm dan torsi maksimum 196 Nm @ 0 - 300 rpm. Suplai tenaganya berasal dari baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh, dengan jarak tempuh maksimal hingga 150 km. 
 
Soal kapasitas kabin, mobil ini bisa sanggup membawa 4 orang penumpang dengan maksimal bobot 200 kg. Sedangkan jika hanya mengangkut 2 penumpang, kapasitas muatannya bisa mencapai 350 kg.
 
 
Jokowi Test Drive Mitsubishi Minicab MiEV, Cek Harganya
 
Minicab MiEV sudah pernah pertama kali diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2011 dan kemudian di jual di Jepang untuk digunakan oleh para pengusaha di sektor logistik dalam kota. Para pengusaha di sana bisa membeli mobil ini dengan harga sekitar JPY2,4 juta (yen).
 
Kembali ke Indonesia, Minicab MiEV belum dijual di Indonesia. Pihak pabrikan saat ini masih menguji coba van mini ini untuk masuk ke segmen kendaraan komersial di pasar Tanah Air.
 
“Kami mengapresiasi perhatian dan dukungan Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia terhadap kegiatan pameran otomotif sebagai salah satu barometer industri otomotif di Indonesia. Kami berharap dengan pulihnya situasi pandemi, serta terlaksananya berbagai kegiatan dan inisiatif dari berbagai pihak, dan tentunya dukungan dari pemerintah Indonesia untuk pengembangan industri otomotif selanjutnya dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Kami juga berharap dukungan tersebut mencakup akselerasi kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya, terutama terkait Hybrid, Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV),” ujar President Director PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura, di GIIAS 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif