Perencanaan keuangan penting dilakukan ketika membeli mobil bekas. Suzuki
Perencanaan keuangan penting dilakukan ketika membeli mobil bekas. Suzuki

Tips Otomotif

8 Tips Menjaga Kondisi Keuangan Saat Membeli Mobil Bekas

Otomotif mobil bekas tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 22 Oktober 2020 21:00

Ada dua cara untuk mengukur kemampuan Anda dalam membeli mobil; pertama pastikan saja dana darurat tidak terpakai untuk membelinya, dan kedua pastikan ketika membelinya secara tunai jumlah aset lancar Anda masih di kisaran 15-20 persen dari kekayaan bersih.
 
Dana darurat adalah dana tunai simpanan yang digunakan hanya pada kondisi darurat, seperti apabila terjadi pemutusan hubungan kerja, salah satu anggota keluarga mengalami kecelakaan, atau sakit berat. Maka, amat tidak bijak apabila mengorbankan dana darurat untuk membeli mobil.
 
Sementara itu, nilai rasio aset lancar berbanding kekayaan bersih didapat dari perbandingan total nilai aset lancar (tabungan, kas, dan setara kas) dan kekayaan bersih (total aset - total utang).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


4. Jika Over Kredit, Lakukan dengan Cara yang Benar
Over kredit secara singkat dapat diartikan sebagai proses pemindahan jual beli terhadap mobil yang berstatus belum lunas alias masih dalam proses cicilan. Pembelian ini sah-sah saja dilakukan asal, tidak di bawah tangan, yakni tanpa bantuan atau sepengetahuan lembaga pemberi kredit.
 
Over kredit di bawah tangan memang terlihat lebih cepat, namun sangat lemah dari sisi hukum. Tindakan ini pun merupakan perbuatan yang dilarang dalam undang-undang. Undang-undang over kredit mobil ini terikat oleh perjanjian jaminan fidusia dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia).
 
Halaman Selanjutnya
Pasal 23 ayat (2) UU…


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif