Ilustrasi STNK. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi STNK. Medcom.id/Ekawan Raharja

Pajak Kendaraan

Blokir STNK yang Sudah Dijual, Anti Ribet Bisa Online

Otomotif pajak kendaraan
Ekawan Raharja • 28 September 2020 16:00

Blokir STNK untuk Hindari Pajak Progresif

Blokir STNK ini berguna untuk menghindari pajak progresif terhadap kendaraan yang dimiliki oleh seseorang. Tapi anda sendiri apakah sudah tahu apa itu pajak progresif?
 
Pajak progresif adalah tarif pemungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada jumlah atau kuantitas objek pajak dan juga berdasarkan harga atau nilai objek pajak. Ini membuat tarif pemungutan pajak akan semakin meningkat apabila jumlah objek pajak semakin banyak dan jika nilai objek pajak mengalami kenaikan.
 
Pajak progresif akan diterapkan pada kendaraan bermotor yang memiliki kesamaan nama pemilik dengan alamat tempat tinggal pemilik. Jadi, besaran biaya pajak akan mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah kendaraan sehingga kendaraan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya dikenai tarif berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai contoh Anda menjual mobil ke orang lain, namun Anda tidak melakukan balik nama kepemilikan mobil tersebut. Maka pajak progresif akan ditanggungkan kepada pemilik lama karena nama dan alamat tempat tinggal pemilik mobil tersebut masih sama.
 
Dengan demikian, jika Anda menjual kendaraan bermotor kepada orang lain, sebaiknya segera melakukan proses balik nama sehingga Anda tidak lagi membayar pajak progresif untuk kendaraan tersebut.
 
Halaman Selanjutnya
  Dasar pengenaan pajak bagi…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif