All New Honda HR-V kini dilengkapi dengan panoramic roof. Honda
All New Honda HR-V kini dilengkapi dengan panoramic roof. Honda

Teknologi Otomotif

Panoramic All New Honda HR-V Banyak Disorot, Ini Jawaban Honda

Ekawan Raharja • 23 Mei 2022 16:00
Mandalika: Kehadiran All New Honda HR-V berhasil mencuri perhatian dari berbagai pihak, mulai dari konsumen hingga penggemar otomotif. Uniknya, salah satu yang mendapatkan perhatian dari aspek sunroof.
 
Jika generasi terdahulu HR-V mendapatkan sunroof, maka berbeda dengan generasi terbaru HR-V yang mendapatkan sentuhan panoramic roof. Meski keduanya menggunakan kaca di atap, namun sistem pengoperasian serta fungsinya berbeda.
 
Dari segi pengoperasian, sunroof di model HR-V terdahulu bisa dibuka kacanya untuk mendapatkan udara dari luar ataupun ditutup kacanya dengan sunshade secara elektrik. Sedangkan untuk di All New HR-V di generasi terbaru, kaca tersebut tidak bisa dibuka atau ditutup, kemudian untuk sunshadenya harus dioperasikan secara manual alias dicopot atau pasang oleh penumpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak orang yang mengamati bahwa hal tersebut merupakan penurunan fitur. Akan tetapi, Large Project Leader of All-New Honda HR-V Honda Motor Co Ltd Automobile Operations Monozukuri Center, Yoshitomo Ihashi, menjelaskan ada maksud lain dari penggunaan panoramic roof di generasi terbaru di mobil SUV tersebut.
 
“HR-V sebelumnya elektrik karena lebih kecil ukuran panoramic sunroof. Sekarang lebih besar ukurannya, dan semuanya kaca jadi bisa menampilkan panorama lebih luas,” ujar Yoshitomo Ihashi melalui sambungan virtual.
 

"Kalau mekanismenya elektrik, akan membutuhkan ruang untuk pasang rel di panoramic sunroof. Penyetelan rel saja sudah makan tempat. Jadi, biar bisa lebih luas, rel dieliminasi sehingga menjadi manual," tambah Yoshitomo Ihashi.
 
Kemudian untuk panoramic yang disematkan ini juga sudah dilengkapi dengan anti sinar UV hingga 75 persen. Sehingga diharapkan ini akan membantu penumpang selama perjalanan, khususnya di Indonesia yang memiliki iklim tropis.
 
"Keberadaan sunshade ini lebih kepada privasi bagi penumpang. Sebagai contoh pengemudi truk bisa saja melihat ke dalam mobil karena mereka memiliki pandangan lebih tinggi. Oleh sebab itu, penumpang bisa menggunakan sunshade untuk menghalangi pandangan tersebut."
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif