Booth Lexus di GIIAS 2019. Lexus
Booth Lexus di GIIAS 2019. Lexus

Beda Dengan BMW & Mercedes-Benz, Rata-Rata Konsumen Lexus Lebih Tua

Ekawan Raharja • 17 April 2025 18:33
Washington DC: Selama satu dekade terakhir, BMW, Lexus, dan Mercedes-Benz secara konsisten menempati empat besar dalam hal registrasi kendaraan mewah baru di Amerika Serikat.
 
Namun, meskipun volume penjualan ketiganya tergolong seimbang, data dari S&P Global Mobility mengungkap bahwa profil pelanggan dari ketiga merek ini ternyata tidak sepenuhnya serupa.
 
BMW dan Mercedes-Benz cenderung menarik segmen pelanggan yang mirip, yakni konsumen berusia lebih muda, menyukai performa dan desain sporty, serta memiliki pendapatan rumah tangga lebih tinggi.

Sebaliknya, Lexus memiliki profil pelanggan yang cukup berbeda. Pembeli Lexus umumnya lebih tua, lebih banyak berasal dari kalangan perempuan, dan memiliki pendapatan rumah tangga lebih rendah dibandingkan dengan konsumen merek Jerman tersebut.
 
Baca Juga:
Kejagung Sita Toyota Land Cruser & Land Rover Defender, Berapa Harganya?

 
Laporan S&P Global Mobility menunjukan Lexus memiliki pembeli dengan rata-rata berusia 57,6 tahun yang diambil data dari Oktober 2024 hingga Januari 2025. Tentu rata-rata usia tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan pesaingnya seperti Mercedes dengan berusia 55,7 tahun dan BMW hingga 54,3 tahun.
 
Perbedaan ini bukan tanpa sebab. Sejak hadir di pasar Amerika Utara pada 1989 dengan dua model awal, Lexus ES300 dan LS400, merek mewah dari Toyota ini dikenal sebagai kendaraan yang sangat andal dan inovatif.
 
Namun, pada awal kemunculannya, Lexus sering dijuluki sebagai 'Toyota mahal', yang membuat citra merek ini kurang emosional dibanding rival Jermannya.
 
Perubahan besar terjadi pada 1999, saat Lexus meluncurkan RX300, crossover mewah pertama yang sukses secara komersial. Meskipun Mercedes-Benz sebelumnya sudah merilis ML-Class, model itu dinilai kurang menarik karena tampilannya mirip minivan.
 
Baca Juga:
Nampak Sepele, Saklar Di Motor Juga Perlu Perawatan

 
RX300 justru langsung menjadi bintang, mendominasi pasar dan mengangkat nama Lexus ke puncak segmen kendaraan mewah pada awal 2000-an.
 
Hingga kini, RX tetap menjadi tulang punggung penjualan Lexus. Bahkan, pada periode Oktober 2024 hingga Januari 2025, dua pertiga dari registrasi kendaraan Lexus merupakan model berukuran menengah, terutama RX. Sebagai perbandingan, hanya 37% kendaraan BMW dan 31% kendaraan Mercedes-Benz yang berasal dari segmen serupa.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan